Follow Us

Mengenal Partai Black Panther, Organisasi Revolusioner yang Memerjuangkan Warga Kulit Hitam Amerika Serikat

Alvin Bahar - Kamis, 15 Februari 2018 | 03:30
Black Panther Party
Alvin Bahar

Black Panther Party

HAI-ONLINE.COM - Sejak awal Marvel terjun ke dunia sinema, film mereka didominasi oleh cowok kulit putih berkekuatan super. Namun, Black Panther sangat beda. Nggak hanya sang karakter utama, rekan pendamping serta segala yang berhubungan dengannya juga berkulit hitam. Kabarnya, 90% aktor dalam film ini memang berkulit hitam. Hal ini membuat film Black Panther disebut revolusioner, sama seperti partai bernama sama yang dulu pernah ada di Amerika Serikat.

Black Panther memang sudah hadir sebelum partai politik dengan nama yang sama muncul. Namun, gara-gara ada partai Black Panther, pahlawan super ini juga sempat dinamai Black Leopard demi menghindari anggapan mempolitisasi karakternya.

Cek: Ini Dia Sosok Black Panther dalam Sepak Bola Dunia, Ronaldo Sih Nggak Ada Apa-apanya

Partai Black Panther atau BPP (aslinya Partai Pantera Hitam untuk Pertahanan Diri) adalah sebuah organisasi sosialis dan nasionalis kulit hitam revolusioner yang aktif di Amerika Serikat dari 1966 sampai 1982, dengan cabang-cabang internasional beroperasi di Britania Raya pada awal 1970an, dan di Aljazair dari 1969 sampai 1972.

Simbol BPP, macan hitam atau panther. Binatang yang suka menyerang. Artinya, menyerang untuk mendapatkan makanan dan mempertahankan diri. Panther memiliki makna, garang dan agresif.

Partai ini didirikan pada Oktober 1966 oleh Huey Newton dan Bobby Seale. Pergerakan BPP mulai ada, ketika ada sebuah gereja dibom pada 1965 di Birmingham, Alabama, AS. Zaman itu penuh dengan kekerasan. Karena itu, pergerakan berdiri demi kesetaraan ekonomi dan sosial.

Nggak lama selepas didirikan, organisasi ini menjadi organisasi politik kulit hitam yang militan dan tersohor pada akhir 1960an. Black Panther menarik dukungan luas di kalangan pemuda kulit hitam perkotaan. Penampilan mereka sangat mudah dikenali. Jaket kulit berwarna hitam, topi baret di kepala, dan bedil. Organisasi ini punya peran penting dalam gerakan hak-hak sipil pada dasawarsa 1960an dan kampanye kesetaraan ras.

Tujuan awal BPP berdiri adalah memperjuangkan hak dan kebebasan berbicara. Menghilangkan diskriminasi. Peluang mendapatkan pekerjaan bagi orang kulit hitam. Melindungi warga dari kebrutalan polisi dan rasisme.

Selain itu, praktek inti Partai Black Panther adalah penjaga warga bersenjatanya untuk memantau perilaku para perwira polisi dan menantang kebrutalan polisi di Oakland, California.

Pada 1969, program-program sosial masyarakat menjadi aktivitas inti dari para anggota partai.Partai Pantera Hitam melembagakan berbagai program sosial masyarakat, terutama Free Breakfast for Children Programs, dan klinik kesehatan masyarakat. Partai tersebut memiliki jumlah anggota terbesar dan membuat dampak terbesar di Oakland-San Francisco Bay Area, New York, Chicago, Los Angeles, Seattle, dan Philadelphia.

Namun, Black Panther terus menjadi kelompok yang disalahpahami secara luas dan sering kali disalahartikan sebagai organisasi teroris.

Pada awal 1970-an, BPP melemah karena dapat serangan dari pihak eksternal, masalah legal, keretakan internal, dan penolakan eksistensi mereka sebagai kekuatan politik. Pada tahun 1982, partai Black Panther bubar.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest