Follow Us

Suka Marah Nggak Jelas Saat Lapar? Fenomena Ini Namanya Hangry, Ini Penjelasan

Alvin Bahar - Jumat, 26 Januari 2018 | 07:45
Ilustrasi
Alvin Bahar

Ilustrasi

HAI-ONLINE.COM - Saat lapar, biasanya orang jadi mudah marah atau emosi. Apa penyebabnya, ya?

Hangry, Mudah Marah Saat lapar Dilansir dari hellosehat.com, ternyata kondisi seperti ini ada istilahnya, lho. Mudah marah akibat lapar disebut dengan hangry, yaitu gabungan dari dua kata, ‘hungry’ dan ‘angry’. Fenomena hangry bukan hanya dialami oleh orang-orang yang memang pemarah atau nggak sabar. Orang yang paling santai, tenang, atau kalem sekalipun ternyata juga bisa mengalaminya. Hangry ini semacam bentuk pertahanan hidup yang dialami oleh manusia dan hewan.

Otak Kekurangan Glukosa Dalam makanan yang kita konsumsi, terdapat karbohidrat, lemak, protein yang akan dicerna dan diubah jadi gula sederhana, seperti glukosa, asam amino, dan asam lemak bebas. Nutrisi ini masuk ke dalam darah dan kemudian dialirkan ke organ dan jaringan tubuh kita, yang digunakan sebagai sumber energi.

Cek deh: 7 Iklan Kreatif yang Ada di Halte, Nunggu Jadi Nggak Bosen!

Nah, kalo kadar gula dalam darah jumlahnya cukup rendah, otak kita akan menganggap kekurangan ini sebagai situasi yang berbahaya dan mengancam jiwa. Sebab, otak sangat bergantung pada glukosa ini, untuk bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Itulah sebabnya ketika lapar, biasanya kita jadi sulit berkonsentrasi serta nggak fokus.

Rasa Lapar dan Mudah Marah Menyatu

Hormon nafsu makan atau ghrelin dihasilkan dalam perut. Namun, reseptor penerima sinyal dari ghrelin tersebut, tersebar di seluruh tubuh, termasuk dalam hypothalamus otak. Selain bisa merangsang rasa lapar, ghrelin juga menghasilkan respon kecemasan.

Otak yang kekurangan glukosa, biasanya jadi sulit untuk mengatur emosi. Semakin kita lapar, maka bisa memicu pelepasan hormom stres dalam tubuh atau serotonin. Rasa lapar dan mudah marah pun jadi menyatu.

Makanlah Sebelum Terlalu Lapar Sebab itu, kita perlu makan sebelum terlalu lapar, ya. Makanlah makanan yang kaya akan nutrisi untuk mencegah rasa lapar terlalu cepat, yang bisa mengenyangkan perut lebih lama.

Hindari mengonsumsi makanan siap saji saat hangry, ya. Karena jenis makanan ini justru dapat membuat kita semakin hangry.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "Hangry, Fenomena 'Mudah Marah Saat Lapar'"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest