Follow Us

Fakta Tentang Jip Tempur Mirip Batmobile Yang Ditumpangi Presiden Jokowi

Rizki Ramadan - Kamis, 25 Januari 2018 | 10:30
Presiden Joko Widodo menumpang jip tempur saat mendatangi Rapim TNI atau Polri di Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23 Januari 2018).
Rizki Ramadan

Presiden Joko Widodo menumpang jip tempur saat mendatangi Rapim TNI atau Polri di Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23 Januari 2018).

HAI-online.com - Ada berita terbaru nih dari Presiden kita. Pak Jokowi saat menghadiri Rapat Pimpinan TNI/Polri di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018) pagi.

Di depan pintu gerbang Mabes TNI, Presiden Jokowi turun dari mobil dinas RI 1. Kemudian, Presiden pindah ke jip tempur yang disediakan TNI.

Presiden Jokowi duduk di kursi sebelah kiri sopir. Di belakangnya, duduk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersebelahan dengan Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Jip tempur yang dinaiki Presiden Jokowi tersebut berada pada posisi paling depan. Diiringi lima unit jip serupa di belakang tampak mengawal mobil Presiden. Foto momen tersebut diunggah Presiden Jokowi dalam akunnya di Facebook.

Terus, apa sih nama dari jip tempur tersebut? Kendaraan taktis P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle), itulah nama jip TNI yang dipakai.

Ternyata nih, P6 ATAV juga pernah menjadi kendaraan yang dipakai Presiden Jokowi saat inspeksi pasukan upacara peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017) pagi.

Kendaraan taktis produksi dalam negeri ini menjadi salah satu perhatian dalam HUT ke-72 TNI. Kenapa begitu? Karena era Presiden sebelumnya biasa memakai kendaraan Jip buatan luar negeri. Di masa Soekarno misalnya, inspeksi pasukan dilakukan menggunakan Land Rover.

Kemudian di zaman Presiden Soeharto menggunakan jip CJ7 dan Mercedes Benz G Class. Lalu di era preiden RI berikutnya lebih banyak memakai jip Mercy G Class.

Dengan disupiri seorang Kowad dari kesatuan Paspampres, Presiden Jokowi didampaingi Komandan Upacara Panglima Kostrad Letjen Edy Rahmayadi, melakukan inspeksi pasukan dari atas kendaraan taktis berwarna hitam buatan PT Sentra Surya Ekajaya (SSE).

Menurut mantan Wartawan Militer, Atmadji Sumarkidjo, kendaraan taktis ini juga telah dipakai oleh sejumlah pasukan khusus untuk menaruh senjata mesin barat, roket dan sebagainya. Sementara itu, empat ban P6 sanggup menahan terjangan proyektil.

Sebagai kendaraan serbu, P6-ATAV dilengkapi dudukan untuk senjata, mulai dari upper gun mounting dan side gun mounting.

Sementara itu, empat ban P6 sanggup menahan terjangan proyektil. Selain itu, P6 ATAV juga menggunakan transmisi otomatis dengan dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar sebesar 120 liter.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest