Follow Us

Wah, Ternyata Kucing Punya Golongan Darah! Sama Kayak Manusia Nggak Ya?

Alvin Bahar - Kamis, 25 Januari 2018 | 08:15
Kucing
Alvin Bahar

Kucing

HAI-ONLINE.COM – Tahukah, kamu? Seperti manusia, kucing juga memiliki beberapa jenis golongan darah, lho. Hanya saja, jumlah golongan darah kucing nggak sebanyak manusia, mereka hanya memiliki 3 jenis golongan darah. Yaitu, golongan darah tipe A, B, dan AB. Selain jenisnya yang lebih sedikit, sistem penggolongan darah kucing juga nggak serumit manusia. Kira-kira, seperti apa, ya, golongan darah kucing ini? Yuk, kita simak fakta-faktanya di bawah ini!

Cek deh: Siapa Sangka, Kucing Imut Ini Justru Kucing Paling Mematikan di Dunia

Tiga jenis golongan darah kucing | Hanna Vivaldi
1. Golongan Darah Kucing yang Paling Umum Golongan darah tipe A adalah yang paling umum ditemukan pada kucing. Golongan darah A hampir dimiliki semua kucing domestik yang ada di Amerika Serikat, yaitu sekitar 94-99 persen. Sama seperti manusia, golongan darah yang langka bagi kucing adalah AB.

2. Transfusi Darah Pada saat-saat tertentu, misalnya ketika kucing akan dioperasi atau kekurangan darah, kucing perlu menerima transfusi darah. Darah yang diterima harus tipe darah kucing yang sama. Kalo nggak, akan sangat berbahaya bagi kucing. Penerimaan darah yang berbeda bisa menghancurkan sel darah mereka.

3. Golongan Darah yang Dominan Pada kucing, dibandingkan dengan tipe B, golongan darah A sifatnya lebih dominan. Misalnya orang tua kucing memiliki dua golongan darah yang berbeda, yaitu A dan B. Kemungkinan besar anak dari kucing tersebut memiliki golongan darah A.

Hanya saja, perkawinan kucing dengan golongan darah yang berbeda ternyata mempunyai risiko kematian anak kucing beberapa hari setelah lahir. Sebab, kucing memiliki zat kekebalan alami (antibodi) terhadap golongan darah selain miliknya.

4. Alat untuk Mengecek Golongan Darah Kucing Sejauh ini, alat yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis golongan darah kucing, belum tersedia di Indonesia. Kalaupun ada dokter hewan atau siapapun yang memilikinya di Indonesia, kemungkinan besar alat tersebut dibeli dari luar negeri.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "Seperti Manusia, Kucing juga Memiliki Golongan Darah. Inilah 4 Faktanya!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest