Follow Us

Wow, Kamu Bisa Bayar Makanan dengan Senyum di Negara Ini

Alvin Bahar - Senin, 22 Januari 2018 | 07:15
Smile to Pay
Alvin Bahar

Smile to Pay

HAI-ONLINE.COM – Teknologi sensor wajah biasanya digunakan untuk membuka akun pada smartphone. Nah, di Tiongkok, sensor wajah ini digunakan untuk membeli makanan, lho!

Smile to Pay

Sebuah perusahaan besar di Tiongkok bernama Alibaba meluncurkan teknologi canggih untuk membayar pesanan makanan. Teknologi ini dinamakan “Smile to Pay”, tapi bukan berarti kita membayar makanan hanya dengan senyuman dan tanpa uang, ya.

Teknologi ini memanfaatkan sensor wajah untuk masuk ke akun sehingga kita bisa membayar sesuatu. Namun kita harus mempunya akun Alipay lebih dulu, nih. Akun Alipay ini harus kita masukkan uang sebagai saldo. Jadi saat kita membayar makanan, saldo akan langsung terpotong.

Cara Membayar

“Smile to Pay” ini baru bisa digunakan di satu tempat makan, yaitu restoran cepat saji KFC yang ada di Hangzhou. Jadi KFC itu, ada layar sentuh setinggi orang dewasa untuk memesan dan membayar makanan.

Untuk memesan makanan, kita nggak perlu memesan lewat kasir. Kita bisa langsung memasukkan pesanan melalui layar besar itu. Setelah semua pesanan terdaftar, mesin itu akan menghitung harga total pembelian kita.

Nah, saat ingin melakukan pembayaran, di atas layar itu ada sebuah kamera yang jadi sensor wajah. Mesin itu lalu melakukan sensor pada wajah kita, kalau sudah terdeteksi, kita harus memasukkan nomor smartphone sebagai verifikasi lanjutan.

Setelah itu, saldo kita di Alipay akan terpotong otomatis sesuai dengan harga total pembelian kita.

Wah, canggih sekali, ya, teknologi pembayaran di Tiongkok!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "“Smile to Pay”, Teknologi Canggih Sensor Wajah untuk Membeli Makanan"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest