Follow Us

Tide Pod Challenge: Fenomena Viral Makan Deterjen yang Dilakukan Remaja, Banyak yang Keracunan!

Alvin Bahar - Senin, 22 Januari 2018 | 04:00
Tide Pods
Alvin Bahar

Tide Pods

HAI-ONLINE.COM - Udah beberapa tahun ini, “challenge” bermunculan. Dari yang kocak kayak Mannequin Challenge, sampai yang berbahaya seperti Skip Challenge. Tantangan-tantangan ini seringnya dilakuin oleh remaja. Baru-baru ini, di Amerika Serikat, muncul lagi challenge berbahaya yang dilakukan anak muda.

Namanya, Tide Pod Challenge.Tantangannya adalah makan laundry pod (semacam deterjen yang bentuknya seperti permen) keluaran Tide.

Jelas banget, makan deterjen itu berbahaya. Tapi kenapa jadi challenge? Ini semua berawal dari meme-meme viral yang bilang Tide Pod punya rasa kayak permen. Bentuk dan warna Tide Pod emang kayak permen buah, anak kecil pun bisa tertipu.

Cek deh: Dari Kids Jaman Now Hingga Ngakak Online, 8 Kata Ini Viral Banget di Tahun 2017

Hal ini bikin Tide turun tangan. Mereka bahkan ngajak bintang New England Patriots, Rob Gronkowski, buat mengkampanyekan bahaya makan laundry pod.

Dalam beberapa hari terakhir Tide juga aktif membalas orang-orang yang minta pertolongan karena makan produknya.

Makan deterjen memang berbahaya. Bahan yang terdapat di deterjen Tide Pod meliputi etanol, hidrogen peroksida, dan polimer. Bahan-bahan tersebut tentu saja sangat beracun bila sampai masuk ke dalam tubuh. Deterjen yang tertelan akan menyebabkan gangguan perut ringan. Kadang, gangguan ini tanpa gejala. Orang yang menelan cairan deterjen bisa muntah, bersin-bersin dan sesak nafas. Beberapa bahkan sampai membutuhkan bantuan pernafasan.

Menurut American Association of Poison Control Centers (AAPCC), tercatat ada 39 laporan remaja makan laundry pod pada 15 hari pertama di 2018 saja. Padahal pada 2016 lalu, 39 adalah jumlah penyalahgunaan laundry pod dalam setahun.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest