Follow Us

Kalau Apple Punya Siri, Samsung Punya Bixby. Ini Dia Kecanggihannya

Rizki Ramadan - Jumat, 19 Januari 2018 | 05:00
Bixby
Rizki Ramadan

Bixby

HAI-ONLINE.COM - Sejak tahun lalu, para vendor raksasa teknologi giat membangun sebuah asisten pribadi berbasis AI yang siap menolong dan membantu keseharian manusia.

Mulai dari Siri, Google Assistant, Alexa, Cortana, dan belum lama ini Samsung turut ikut serta yang diberi nama Bixby.

Bixby tuh sama nggak sih dengan asisten pribadi lainnya? Pada dasarnya sama, namun Bixby saat ini bisa dibilang lebih unggul dari yang lain. Mari kita telusuri.

Bixby pertama kali diumumkan oleh Samsung pada 20 Maret 2017 bersamaan dengan pengenalan Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Bixby sendiri merupakan sebuah reboot dari asisten Samsung yang bernama S Voice yang masih beredar sampai di seri Galaxy S7.

Setelah beberapa bulan, Samsung mengembangkan Bixby begitu cepat hingga akhirnya Bixby bisa berada di smartphone, Hub, Smart TV, dan kulkas pintar milik Samsung.

Untuk yang di smartphone, Bixby memiliki tiga bagian. Bixby Voice, Bixby Home, dan Bixby Vision.

Bixby Voice
Bixby Voice bekerja hampir sama dengan asisten lainnya, kita hanya tinggal memanggil Bixby dan ia akan memberikan beberapa opsi apa yang bisa ia bantu, seperti menampilkan kondisi cuaca, memesan Uber, melihat kemacetan, mengirimkan pesan sampai mencari resep makanan buat yang suka masak pun bisa banget.

Bixby Home
Bixby Home sendiri menurut HAI adalah pengganti dari tirai Flipboard. Pada flaghsip Samsung lama seperti Galaxy S5, S6 dan S7, ketika kita menggeser layar ke kiri, kita akan langsung masuk ke Flipboard. Nah, untuk di Galaxy S8, bukan Flipboard lagi yang akan lo temukan saat geser layar ke kiri, tapi Bixby Home.

Bixby Home akan menampilkan beberapa informasi seperti cuaca, berhubungan dengan, aktifitas olahraga dan tombol untuk mengontrol smart home.

Bixby Vision
Nah yang terkahir, Bixby Vision, ini punya fitur yang menarik banget. Bixby Vision terletak di aplikasi kamera dan bisa "melihat" apa aja dan langsung mengenalinya.

Bingung nggak bisa baca tulisan asing dipinggir jalan? Gampang, lo tinggal arahin Bixby Vision ketulisan itu dan boom! Langsung diterjemahkan tanpa ragu dan sungkan, bro!

Mau nge-scan buku tapi gak ada scanner? Lebih gampang lagi. Lo tinggal arahin aja deh tuh buku atau tulisan yang mau lo salin terus foto dan setelah itu lo klik tombol extract deh. Langsung jadi file ms word, bro!

Selain itu, Bixby Vision juga bisa mencari sesuatu yang lo lihat. Jadi, kalau lo di jalan-jalan dan nggak tau bangunan atau taman apa yang lagi lo lihat. Langsung aja deh arahin Bixby Vision ke bangunan itu dan Bixby dengan sendirinya langsung mencari data-data mengenai bangunan tersebut dari internet.

Gimana guys menurut lo? Dari sekian banyak Personal Assistant seperti Siri, Google Assistant, Alexa, Cortana dan Bixby. Siapa yang lebih canggih?

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest