Follow Us

Kalo Lagi Bulan Purnama, Usahakan Jangan Naik Motor, Karena Ini yang Bakal Terjadi

Alvin Bahar - Jumat, 12 Januari 2018 | 06:45
Fenomena Begal
Alvin Bahar

Fenomena Begal

HAI-ONLINE.COM - Di Indonesia, sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat umum dijumpai. Tapi siapa sangka ada waktu tertentu yang membahayakan untuk berkendara dengan sepeda motor, yaitu saat bulan purnama.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ tersebut menjelaskan bahwa saat pemkamungan pinggir jalan di bawah malam yang terang benderang mungkin indah, tapi juga bisa membahayakan perhatian.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti dari Amerika dan Kanada menunjukkan bukti peningkatan risiko kecelakaan sepeda motor saat bulan purnama. Hal ini dibandingkan dengan saat malam yang tidak begitu indah.

Para peneliti mengakui bahwa mungkin ada faktor pembaur yang bermain dalam hal ini. Tapi mereka mengingatkan bahwa berkendara selama bulan purnama dapat menganggu dan menganjurkan pengendara sepeda motor berhati-hati dan menjaga mata mereka di jalan.

Cek deh: 7 Pesepakbola dengan Pertandingan Terbanyak, Semuanya Lebih dari 1.000!

"Kesadaran akan risiko tersebut dapat mendorong pengendara motor lebih berhati-hati selama bulan purnama dan, lebih umum lagi, untuk memahami gangguan yang terlihat kecil setiap saat," kata Donald Redelmeier, Ph.D dan Eldar Shafir, Ph.D, penulis penelitian tersebut dikutip dari Inverse, Minggu (31/12/2017).

Mereka menggunakan catatan kecelakaan kendaraan bermotor dari 1975 hingga 2014 di Amerika Serikat. Mereka membandingkan jumlah kecelakaan sepeda motor yang terjadi pada malam bulan purnama dengan jumlah korban jiwa yang terjadi pada satu minggu sebelum dan sesudah purnama.

Dari 13.029 korban jiwa selama masa studim terjadi lebih dari 1.482 malam yang relevan, mereka menemukan peningkatan sederhana pada malam bulan purnama.

Sebanyak 4.494 kecelakaan fatal terjadi pada 494 malam bulan purnama. Sedangkan 8.535 kecelakaan terjadi pada 988 malam tanpa bulan purnama.

Ini berarti rata-rata 9,10 kecelakaan setiap malam bulan purnama. Sedangkan 8,64 kecelakaan terjadi setiap malam tanpa bulan purnama.

Mungkin peningkatan kecelakaan tersebut terlihat kecil, tapi ini adalah salah satu yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Jadi, kita tak bisa menolaknya.

Nggak hanya di Amerika Serikat, peneliti juga menemukan hal serupa dalam data dari Kanada, Australia, dan Inggris.

Para peneliti mencatat bahwa temuan mereka menegaskan bahaya dari teralihkan, terutama peningkatan risiko selama supermoon. Kalo kamu memang harus berkendara dengan sepeda motor saat bulan purnama, ada baiknya untuk lebih berhati-hati.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Sains Jelaskan Kenapa Risiko Kecelakaan Motor Meningkat Saat Purnama"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest