Follow Us

Nama Steve Jobs Kini Resmi Jadi Merek Fashion. Loh Kok Bisa Nggak Kena Hak Cipta?

Rizki Ramadan - Rabu, 10 Januari 2018 | 04:30
Steve Jobs
Rizki Ramadan

Steve Jobs

HAI-ONLINE.COM - Kalau dengar nama Steve Jobs, pasti yang langsung terlintas di pikiran kita adalah seoarang pendiri perusahaan teknologi Apple yang telah meninggal pada 2011 lalu.

Tapi, pernah terbayang nggak kalau ada suatu merek yang bernama Steve Jobs, namun nggak ada sangkut paut dengan teknologi melainkan merek baju?

BACA JUGA: Kabar Duka. 5 Produk Teknologi Ini Tutup Usia di 2018. Ada Konsol Games Yang Berusia 20 Tahun

Sepertinya hal tersebut akan terbayang mulai tahun ini. Karena, sebuah perusahaan fashion asal Italia berhasil memenangkan merek dagang ‘Steve Jobs’ setelah bersengketa dengan Apple.

Orang di balik merek itu adalah dua bersaudara Vincenzo dan Giacomo Barbatos. Barbatos bersaudara itu telah menempelkan nama ‘Steve Jobs’ sejak 2012. Loh kok bisa nggak kena hak cipta sih? Ternyata ini nih guys alasannya.

Mereka memberanikan diri menggunakan nama tersebut karena dari analisa yang mereka telah lakukan, Apple nggak menggunakan nama Steve Jobs sebagai merek dagang.

Dilansir dari Macrumors, pada 2014, Apple mengajukan tuntutan atas nama Steve Jobs dan juga desain logo ‘Steve Jobs’ yang diklaim meniru logo Apple. Bisa dilihat logo ‘Steve Jobs’ menggunakan huruf “J” dengan gigitan disebelah kanan, yang mirip dengan logo apple.

Namun, sepertinya Dewi Fortuna berpihak pada Barbatos bersaudara dengan ditolaknya tuntutan Apple oleh Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa pada tahun 2014. Menurut mereka, huruf “J” yang seolah digigit pada logo ‘Steve Jobs’ nggak melanggar desain logo Apple, karena huruf nggak bisa dimakan layaknya buah, jadi potongan itu nggak bisa dikatakan sebagai sebuah gigitan.

Dan saat ini, Barbatos bersaudara yang memenangkan nama ‘Steve Jobs’ telah memproduksi tas, kaos, jeans dan produk fashion lainnya. Yang lebih mencengangkanya lagi, mereka berencana juga ingin membuat produk eletronik dengan merek dagang ‘Steve Jobs’. Waduh, bisa tersaingi nggak ya Apple.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest