Follow Us

Pernah Merinding Saat Dengerin Lagu? Itu Tandanya Otak Lo Spesial!

Fadli Adzani - Rabu, 03 Januari 2018 | 07:00
Ilustrasi kulit merinding
Fadli Adzani

Ilustrasi kulit merinding

HAI-ONLINE.COM - Setiap orang, apalagi pencinta musik, pastinya memiliki satu lagu yang sering diulang terus-menerus, menandakan kalau lagu itu memiliki peranan penting dalam hidupnya.

Entah itu karena ngingetin dia sama kekasihnya, atau bisa juga lagu itu memberikan semangat yang membara dalam hatinya.

Terkadang, ketika kita mendengar sebuah lagu yang enak banget dan memiliki arti dalam hidup kita, lagu itu bisa membuat kita merinding alias bulu kuduk kita berdiri.

Matthew Sachs, yang merupakan seorang sarjana dari Harvard, mempelajari tentang seseorang yang merinding ketika mendengar musik atau lagu tertentu dan mencari tahu bagaimana perasaan tersebut ditimbulkan.

Penelitian dilakukan pada 20 orang siswa, 10 diantaranya mengaku mengalami merasa merinding saat mendengarkan musik tertentu dan 10 sisanya tidak merasakan hal yang sama.

Semua responden diminta untuk melakukan pemindaian otak.

Sachs menemukan bahwa mereka berhasil membuat keterikatan emosional pada musik sebenarnya memiliki struktur otak yang berbeda daripada yang tidak memiliki keterikatan.

Mereka yang memiliki keterikatan cenderung memiliki volume saraf yang lebih padat yang menghubungkan korteks pendengaran dan area yang memproses emosi.

Hal tersebut berarti keduanya dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

Semakin banyak saraf dan peningkatan efisiensi antara dua wilayah tersebut berarti seseorang memiliki pemrosesan dalam otak yang lebih efisien.

Apabila seseorang merasa merinding karena musik, ia cenderung memiliki emosi yang lebih kuat dan lebih hebat.

Artikel ini telah tayang terlebih dahulu di Intisari dengan judul "Merinding Saat Mendengar Lagu Tertentu? Itu Tanda Otak Anda Spesial".

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest