Follow Us

Dari Melepas Stres Hingga Meningkatkan Daya Pikir, Ini 5 Manfaat Ngomong Sama Diri Sendiri

Rizki Ramadan - Rabu, 03 Januari 2018 | 01:30
Ngomong Sama Diri Sendiri Adalah Cara Termurah Untuk Melepas Stres
Rizki Ramadan

Ngomong Sama Diri Sendiri Adalah Cara Termurah Untuk Melepas Stres

HAI-online.com - Tanpa disadari, pasti kita sering bergumam atau menggerutu ke diri kita sendiri. Entah itu memberi support atau mengumpat karena kesal. Ya, hal itu wajar-wajar aja, kok. Malah bisa jadi stress release buat kita.

Hal ini juga dibuktikan pada sebuah penelitian di Quartely Journal of Experimental Psychology yang ditulis oleh psikolog Daniel Swigley dan Gary Lupya yang mengungkapkan bahwa berbicara sendiri membuat otak bekerja lebih efektif. Ini juga senada dengan yang apa yang disampaikan psikolog asal Amerika yang bernama Linda Sapadin. Menurutnya, berbicara pada diri sendiri membantu menjernihkan pikiran, menenangkan diri, dan membuat keputusan yang jelas di masa-masa sulit.

(BACA JUGA: Ini 9 Fakta Industri K-Pop Yang Tak Banyak Diketahui. Pantas Saja Banyak Bintang Korea Depresi dan Bunuh Diri)

“Ngomong sendiri itu memang bermanfaat untuk menguatkan diri sendiri, karena setiap manusia memiliki kontrol terbesar di diri dia sendiri. Kalau dia nggak percaya diri, maka biasanya seseorang akan meyakinkan diri sendiri. Self talk atau ngomong sendiri ini juga tergantung kontekstualnya. Ini beda sama mengkhayal. Kalo self talk itu memang karena orang tersebut punya masalah,” kata Bernadetta Anjani, Psikolog Remaja, Klinik Bingkai Bintaro

Jadi, jangan khawatir dianggap gila atau aneh ketika kita lagi ngomong sendiri, karena ada sisi positifnya, kok. Coba baca dulu, nih!

MENYALURKAN EMOSI

Pasti kita pernah kesel sama orang atau bahkan kesel sama diri sendiri. Abis itu kita menggerutu atau ngomong sendiri. Menggerutu atau ngedumel ini salah satu bentuk dari bicara sendiri. Ternyata ada juga manfaat dari ngedumel yaitu sebagai penyaluran emosi.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK

Mungkin kita pernah juga mengerjakan tugas atau menghafal pelajaran dengan menyebutkan dengan suara kencang. Kalau kita sering melakukan ini, maka kebiasaan ini juga merupakan bentuk bicara sendiri. Manfaat lain dari bicara sendiri ini ternyata bisa membantu kerja otak untuk lebih fokus, misalnya pada saat orang menulis sambil membaca apa yang kita tuliskan. Selain itu, bicara sendiri bermanfaat bagi otak untuk meningkatkan kemampuan otak untuk lebih fokus dalam mengingat (memori).

MENGURANGI CEMAS DAN MENAMBAH MOTIVASI

Pasti kita juga pernah merasa gugup ketika melakukan sesuatu yang penting. Misalnya gugup memberikan pidato pembukaan pensi di depan banyak orang. Atau juga cemas ketika menghadapi ujian. Kalau ini pernah terjadi, mungkin sebaiknya kita perlu mencoba bicara pada diri sendiri, karena bicara sendiri juga termasuk cara yang efektif untuk mengurangi kecemasan dan bisa menambah motivasi untuk melalui hari penting bagi kita.

MENGORGANISIR PIKIRAN

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest