Follow Us

Kata Riset, Mendengarkan Lagu Ini Bisa Turunkan Stres Hingga 65%

Rizki Ramadan - Sabtu, 10 Februari 2018 | 08:00
Mendengarkan Musik
Rizki Ramadan

Mendengarkan Musik

HAI-online.com - Banyaknya kesibukan dan aktivitas yang padat, kadang kali bisa berefek pada berbagai hal. Salah satunya adalah tingkat stres yang kemudian meningkat. Belom lagi dengan kondisi jalan yang macet, hingga kurangnya istirahat karena kegiatan yang banyak menyita waktu. Hadeeeh! Tapi tenang, banyak hal yang bisa kamu lakukan buat mengantisipasi tingkat stres yang terus meningkat.

Meningkatnya kadar stres dalam diri jangan dibiarkan begitu aja. Lakukan hal yang sekiranya bisa merilekskan pikiran dan tubuh kamu. Nggak cuma mengonsumsi makanan yang bergizi hingga merilekskan diri dengan latihan pernafasan maupun dengan berlibur, alternatif lainnya adalah melalui mendengarkan musik. Mendengarkan musik yang kita sukai diyakini bakalan punya efek yang merilekskan badan dan pikiran!

(BACA: #KaleidoskopHAI 11 Indie Rising Star terbaik 2017)

Yap, mendengarkan musik secara ilmiah ternyata terbukti bisa menurunkan stres hingga 65 persen. Sebuah grup ahli saraf di Mindlab International, telah membuktikan peserta penelitian yang mendengarkan lagu Weightless dari kelompok Marconi Union mengalami penurunan kecemasan sebanyak 65 persen. Selain itu mereka juga mengalami penurunan 35 persen tingkat istirahat fisiologis mereka.

Lagu Weightless, ini emang diciptakan buat mengurangi kadar stres dalam pikiran. Kelompok Marconi Union bekerja sama dengan para terapis suara buat mengatur harmoni, ritme, dan bass untuk membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan kadar hormon stres kortisol.

Kalo kamu lagi stres dan cemas karena aktifitas dan kegiatan yang padat, nggak ada salahnya kamu mencoba meluangkan waktu sejenak buat dengerin lagu ini. Durasinya pun nggak lama kok. Kamu cukup meluangkan delapan menit, dan coba sendiri apakah lagu ini berhasil menurunkan kadar stres kamu.

Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan selalu berpikiran positif ya. Selamat mencoba!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest