Follow Us

Dalam Setahun, Ternyata Ada 7 Tahun Baru, Ini Daftarnya

Alvin Bahar - Rabu, 27 Desember 2017 | 07:00
Tahun baru
Alvin Bahar

Tahun baru

HAI-ONLINE.COM - Kalender yang digunakan oleh orang-orang di dunia itu banyak. Ada kalender Islam, ada kalender masyarakat Tionghoa, ada pula kalender Masehi. Setiap kalender punya hitungan yang berbeda-beda. Jadi, kamu jangan heran kalau dalam setahun ada banyak tahun baru.

Berikut tahun baru yang dirayakan orang-orang di dunia.

Cek deh: 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Malam Tahun Baru Selain Main Kembang Api

Tahun Baru Masehi

Tahun baru masehi jatuh di tanggal 1 Januari kalender gregorian/masehi. Kalender gregorian/masehi adalah kalender yang kita gunakan saat ini.

Tahun Baru Masyarakat Tionghoa (Imlek)

Imlek biasanya jatuh di antara tanggal 21 Januari – 20 Februari kalender masehi. Di tahun 2018 nanti, tahun baru cina jatuh pada tanggal 16 Februari.

Imlek diperingati dengan banyak kegiatan, contohnya menyimpan makanan di depan pintu dan memasang lampion merah. Konon, dua hal itu bisa mengusir roh jahat (Nian) yang akan masuk ke rumah.

Tahun Baru Saka (Nyepi)

Di kalender masehi, tahun baru saka jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Di tahun 2018, tahun baru saka jatuh pada tanggal 17 Maret. Tahun baru saka sudah dimulai sejak tahun 78 masehi.

Tiga atau dua hari sebelum tahun baru saka, umat Hindu akan melakukan beragam upacara, salah satunya adalah Upacara Melasti.

Halaman Selanjutnya

Tahun Baru Songkran
1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest