Follow Us

Mahasiswa Tingkat Akhir Mana Suaranya? Ini Kisah Jokowi Saat Menyelesaikan Skripsi. Lulus Tepat Waktu Walau Dosen Pembimbingnya Galak

Rizki Ramadan - Kamis, 21 Desember 2017 | 04:00
Jokowi Muda, Bersama Kakek dan Neneknya
Rizki Ramadan

Jokowi Muda, Bersama Kakek dan Neneknya

HAI-online.com - Kalau kamu lagi kuliah sedang sibuk mikirin skripsi, kisah pak Jokowi ini bisa menginspirasimu. Pak Kasmudjo, dosen pembimbing Pak Jokowi saat itu, berbagi ceritanya.

Di matanya, Joko Widodo merupakan mahasiswa yang sederhana dan disiplin.

"Saya kan dosen pembimbing akademik, jadi tahu lika-liku Beliau (Joko Widodo) dalam belajar dan skripsi," ujar Kasmudjo yang kini sudah berusia 68 tahun, saat ditemui seusai acara reuni di Fakultas Kehutanan UGM, Selasa (19/12/2017).kepada Kompas.com

Kasmudjo menceritakan, Joko Widodo merupakan mahasiswa yang termasuk di atas rata-rata. Selain itu, Joko Widodo juga aktif di kegiatan Mapala Fakultas Kehutanan, Silvagama.

"Termasuk mahasiswa yang di atasnya rata-rata, dan Beliau itu juga aktif di Silvagama. Jadi Kelebihannya di situ, bukan semata-mata akademik saja," tegasnya.

Joko Widodo juga mahasiswa yang sederhana dan disiplin. Setiap kali janjian untuk bimbingan, selalu datang dan tidak pernah mengingkari.

"Ya dari dulu yang saya lihat, Beliau itu sederhana, lalu juga disiplin. Setiap janji bimbingan selalu datang," urainya.

Skripsi Joko Widodo saat itu membahas tentang mebel. Penelitian skripsinya dilakukan di Solo, Jawa Tengah.

"Skripsinya itu tentang mebel juga. Jadi ada senior saya, ada kegiatan mebel evaluasi, lalu mahasiswa-masiswa yang suka di bidang itu diajak. Waktu itu beliau skripsinya juga di Solo, bagaimana evaluasi kondisi mebel-mebel di sana," tuturnya.

Jokowi, sebelumnya bercerita bahwa ia sangat terkenang dengan masa-masa ia menyelesaikan skripsi. "Beliau waktu membimbing, seingat saya galak sekali. Begitu maju, dibentak balik. Maju, dibentak lagi. Tapi sekarang saya melihat beliau sudah bijak sekali," tuturnya yang kemudian disambut dengan senyum dan tawa para hadirin yang datang di acara reuni.

Joko Widodo menyelesaikan skripsinya dalam waktu sekitar 6 bulan. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang diperoleh Joko Widodo terbilang bagus. Bahkan meski sibuk dengan berbagai kegiatan, Jokowi bisa lulus tepat waktu.

"Beliau lulus tepat waktu dan IP-nya memuaskan. Setelah lulus juga masih sering main dengan saya," pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan dosen pembimbing skripsinya saat menghadiri acara reuni di Fakultas Kehutanan UGM. Di kesempatan itu, Jokowi secara langsung mengucapkan terima kasih kepada dosennya yang telah membimbingnya hingga berhasil merengkuh gelar sarjana.

(Wijaya Kusuma/Kompas.com)

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest