Follow Us

Kenapa Kucing Suka Bawa Hewan Mati ke Rumah?

Alvin Bahar - Jumat, 15 Desember 2017 | 07:00
Ilustrasi
Alvin Bahar

Ilustrasi

HAI-ONLINE.COM - Kalo kamu memelihara kucing di rumah, mungkin pernah melihat mereka membawa hewan mati. Misalnya seperti tikus, cicak, atau tokek yang telah mati. Padahal kita sudah rutin memberi mereka makanan setiap harinya, tapi kenapa mereka masih membunuh hewan lain, ya?

Naluri Pemburu Alami

Ternyata kucing memang dilahirkan sebagai pemburu alami, lho. Kucing rumah atau kucing domestik biasa membunuh miliaran hewan kecil setiap tahunnya. Bukan berarti kucing adalah makhluk yang jahat, ya. Hanya saja kucing memang secara alami menunjukkan kebiasaan asli mereka sebagai hewan karnivora.

Kebiasaan yang Merupakan Warisan Nenek Moyang

Kucing pertama kali dijinakkan hampir 10.000 tahun yang lalu. Meskipun begitu, kucing selalu memertahankan naluri berburu mereka yang tajam, yang merupakan warisan nenek moyang kucing sebagai hewan liar. Tubuh kucing juga masih mempertahankan usus sederhana yang memungkinkan mereka untuk mencerna daging mentah.

Kucing Ingin Menunjukkan Bagaimana Berburu

Namun, kalo kamu perhatikan lagi, kucing nggak selalu memakan hasil buruan mereka. Hewan mati tadi dibawa begitu saja dan seolah-olah hanya ingin ditunjukkan pada kita atau kucing lainnya. Kebiasaan mereka ini ternyata memiliki alasan.

Seperti yang terjadi di alam liar, ibu kucing biasanya mengajarkan anak mereka bagaimana caranya berburu dan membawa pulang mangsa yang terluka atau mati. Nah, kucing domestik juga begitu. Mereka secara naluri ingin mengajarkan bagaimana membawa hasil buruan yang sudah mati kepada kita ataupun kepada anak kucing yang ada di rumah.

Mungkin, kita disangka makhluk lemah karena nggak pernah berburu ya, hehehe.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Mengapa Kucing Sering Membawa Hewan Mati ke Rumah?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest