Follow Us

Untuk Bisa Meraih Nilai UAS Yang Baik, Kamu Mesti Ketahui Cara Belajar Yang Cocok. Ini 5 Tipenya

Rizki Ramadan - Selasa, 12 Desember 2017 | 01:30
Belajar Kelompok
Rizki Ramadan

Belajar Kelompok

HAI-online.com - Hayo, siapa di sini yang sekolahnya sudah mulai UAS? Nah, bagi kamu yang saat ini sedang atau akan menghadapi UAS tentu harus mempersiapkannya dengan baik dong ya. Salah satunya dengan mempelajari materi kuliah yang akan di ujikan. Ternyata, untuk belajar itu banyak caranya lho. Penasaran? Yuk, langsung aja di cek!

1. Belajar Secara Berkelompok

Nah, cara ini juga banyak diminati oleh para mahasiswa lho. Biasanya, mereka melakukan diskusi atau tanya jawab terkait materi kuliah yang diajarkan. Belajar dengan cara seperti ini dijamin seru dan nggak bosan. Kenapa begitu? Karena kita belajarnya secara bersama. Eits, tapi cara ini nggak berlaku bagi kamu yang jika belajar harus dalam keadaan sunyi atau nggak banyak orang di dalamnya ya.

2. Selalu Memperhatikan Dosen Saat Menerangkan Materi di Kelas

Nah, ada juga nih mahasiswa yang belajarnya hanya di dalam kelas. Artinya, dia sangat memperhatikan dosen saat menerangkan materi. Hasilnya? Tentu dia akan paham materi tersebut dan dia nggak perlu lagi belajar di rumah atau mengulangnya. Percaya deh, mahasiswa seperti ini ada, lho, guys. Kelihatannya biasa aja dalam belajar tapi saat ujian hasilnya sangat baik nilainya! Suka kesel nggak nih kalau punya teman seperti itu? Jangan dong ya! Hehe..

3. Memberikan Highlight (Stabilo) di Beberapa Kalimat yang Dianggap Penting

Yap, cara ini sangat ampuh lho untuk semakin paham mengenai materi perkuliahan. Dengan kamu memberikan highlight (Stabilo) pada tulisan yang ada dalam bukumu maka ketika kamu membaca kembali tulisan tersebut maka kamu sudah mengetahui poin-poin pentingnya. Cara ini sangat mudah kan?

4. Membuat Rangkuman

Nah, cara ini juga termasuk yang di gemari oleh para mahasiswa. Biasanya, setelah mereka membaca suatu buku dan menemukan poin-poin penting yang perlu dicatat maka mereka akan membuat sebuah “rangkuman” yang berisi materi dari mata kuliah tersebut. Eits, asalkan rangkumannya jangan dibawa saat ujian ya!

5. Memanfaatkan Sarana dan Prasarana Kampus

Salah satu cara memanfaatkannya adalah dengan menggunakan perpustakaan untuk belajar. Yap, buku-buku di perpustakaan pun biasanya lengkap. Sangat cocok dijadikan bahan referensimu untuk belajar. Oiya, suasana di perpustakaan juga sangat cocok bagi kamu yang butuh suasana sunyi atau tenang dalam belajar. Kenapa begitu? Karena di dalam perpustakaan pastinya kita dilarang untuk mengobrol. Alhasil, suasana pun akan kondusif untuk belajar!

Nah, kalau kamu sendiri gimana nih guys cara belajarnya? Pokoknya, apapun cara belajarnya harus disesuaikan dengan kondisi kamu ya. Misalnya, jika kamu tidak bisa konsentrasi jika belajar secara berkelompok maka pilihlah cara yang lain.

Well, good luck bagi kamu yang sedang UAS saat ini ya!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest