Follow Us

Ternyata Cegukan Bisa Disembuhkan Dengan 6 Langkah Ini.

Rizki Ramadan - Senin, 11 Desember 2017 | 02:00
Cegukan
Rizki Ramadan

Cegukan

HAI-online.com - Pasti kamu pernah dong ya mengalami cegukan? Cegukan biasanya terjadi ketika ada kejang pada diafragma. Karena kejang, maka asupan napas secara tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara atau glottis. Penutupan pita suara inilah yang akhirnya menyebabkan kamu mengalami cegukan dan mengeluarkan suara seperti “hasyim”

Selain itu, cegukan juga bisa disebabkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu cepat, terlalu banyak minum alkohol, terlalu banyak udara yang masuk lewat mulut, perubahan suhu mulut secara tiba-tiba, dan kondisi emosional.

Biasanya, cegukan hanya berlangsung beberapa menit saja yang kemudian akan hilang. Tapi ternyata, cegukan juga dapat berlangsung selama 48 jam atau lebih lho!. Hal inilah yang membuat kamu merasa lelah, kurang tidur, dan lainnya.

Nah, untuk menghilangkan cegukan, kamu dapat mengikuti empat cara sederhana ini yang sangat mudah untuk dilakukan :

1. Minum Air Mineral Secara Perlahan

2. Menahan Napas Sebentar

3. Menggigit Lemon

4. Menelan butiran gula atau menelan sedikit cuka

5. Bernapas menggunakan kantong kertas

6. Tarik kaki ke dada dan bersandarlah terhadap sesuatu yang ada di depanmu untuk menekan dada

Apabila menggunakan cara sederhana tersebut tapi cegukanmu tetap berlangsung lama dan tak kunjung hilang, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kesehatanmu sedang terganggu. Maka sebaiknya segera periksakan ke dokter ya guys!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Artikel ini pernah tayang di laman Kompas.com dengan judul “Berbagai Cara Menghilangkan Cegukan, Secara Alami Maupun Dengan Obat.”

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest