Follow Us

Ini Kisah Dibalik Orang Terkaya Nomer 1 di Indonesia, Siapakah Dia?

- Senin, 04 Desember 2017 | 12:15
Bisa Tidur di Duit
Hai Online

Bisa Tidur di Duit

Siapa orang terkaya di Indonesia? Jawabannya adalah Hartono Bersaudara, lebih detailnya, mereka adalah Pak Robert Budi dan Pak Michael Hartono, kembali menempati posisi teratas daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dengan demikian, sudah 9 tahun mereka dinobatkan sebagai orang terkaya di Tanah Air.

HAI mengutip informasi dari Kompas.com, kekayaan Hartono bersaudara melonjak menjadi 32,3 miliar dollar AS dari sebelumnya 17,1 miliar dollar AS. Peningkatan ini disebabkan kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk sebesar hampir 50 persen.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar saham emiten berkode BBCA tersebut dikuasai keluarga Hartono. Keluarga Hartono juga merupakan pemilik perusahaan rokok PT Djarum.

WOW BANGET: Fakta! 7 Orang Ini Terbukti Lebih Sehat sejak Berhenti Minum Alkohol

"Selama berpuluh-puluh tahun, pabrik rokok kretek Djarum merupakan sumber kekayaan keluarga Hartono, namun mereka dengan cerdas melebarkan sayap ke berbagai bidang lain, termasuk bidang perbankan dengan membeli saham BCA pada saat krisis keuangan Asia 1997-1998," tulis Forbes dalam keterangan resminya, Jumat (1/12) minggu lalu.

Tahun ini, keluarga Hartono meningkatkan jumlah kepemilikan saham mereka di BCA sebanyak 8 persen dari 47 persen menjadi 55 persen. Merambah bidang teknologi, mereka pun mengucurkan dana bagi perusahaan perangkat game Singapura Razer, yang baru-baru ini melantai di Bursa Efek Hong Kong.

Konglomerat minyak kelapa sawit Eka Tjipta Widjaja berada di posisi 2 dalam daftar orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah kekayaan menanjak menjadi 9,1 miliar dollar AS. Angka itu naik 3,5 miliar dollar AS dibanding tahun lalu.

Adapun pemilik pabrik rokok PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo berada di posisi 3. Kekayaannya meningkat dari 7,1 miliar dollar AS pada tahun 2016 menjadi 8,8 miliar dollar AS pada tahun ini.

Daftar 50 orang terkaya Indonesia dikumpulkan berdasarkan informasi jual-beli saham dan keuangan individu dan keluarganya, bursa saham, laporan tahunan, serta para analis. Peringkat mencantumkan baik individu dan keluarga, termasuk mereka yang merupakan pendiri perusahaan dan keluarga dekat mereka.

Kekayaan dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar rupiah pada 17 November 2017. Valuasi perusahaan tertutup dihitung berdasarkan nilai perusahaan sejenis yang diperdagangkan secara publik.

Hmm…, untuk 10 sampai 20 tahun ke depan, kira-kira ada generasi Milenials yang bisa jadi orang terkaya di Indonesia, nggak, yha?

Berikut ini adalah 10 orang terkaya di Indonesia tahun ini versi Forbes.

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest