Follow Us

5 Hal Seru yang Akan Kamu Dapatkan Kalo Kuliah di Jurusan Public Relation

Alvin Bahar - Kamis, 30 November 2017 | 04:45
Mata Kuliah yang Hanya Ada di Paramadina
Alvin Bahar

Mata Kuliah yang Hanya Ada di Paramadina

HAI-ONLINE.COM - Pasti udah sering denger nama jurusan public relation (PR), tapi mungkin ada juga yang nggak tau belajarnya ngapain aja. Jurusan public relation ini sekedar nama keren dari jurusan Hubungan Masyarakat aja, kok. Tau kan jurusan Hubungan Masyarakat ini masuknya ke fakultas apa dan apa yang bisa kamu pelajarin di sana? Jadi, jurusan public relation ini masuknya ke Fakultas Ilmu Komunikasi dan mempelajari cara berkomunikasi dan membangun suatu hubungan yang baik di lingkungan masyarakat. Ada 5 hal seru yang bisa kamu dapatkan kalo kamu kuliah di jurusan public relation. Cek di bawah ini, ya!

Cek deh: 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Kuliah Di Luar Kota

Andal bersosialisasi

Andal bersosialisasi di sini maksudnya kamu akan terlatih untuk bisa bergaul dan berbaur di semua kalangan. Kamu bisa membangun relasi baru tanpa malu ataupun ragu. Tanpa disadari juga, selama jadi mahasiswa jurusan public relation ini kamu akan jadi mahasiswa yang punya pemikiran lebih terbuka. Soalnya, ketika menjadi seorang praktisi PR di masa depan, berarti kamu diharuskan bisa terima pendapat, keluhan atau nasihat dari masyarakat yang isi kepalanya beragam.

Semakin up to date

Kalo emang mau banget jadi seorang praktisi PR yang profesional, maka kamu harus mau membiasakan diri untuk cari tahu peristiwa yang sedang terjadi di sekeliling lho. Seperti yang kamu tau juga, mahasiswa yang kuliah di jurusan public relation ini diharapkan bisa membangun hubungan baik di masyarakat dan di zaman yang serba digital ini, informasi bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat media sosial atau media massa digital. Jadi nggak akan ada alasan lagi buat kamu ketinggalan berita-berita terbaru dan teraktual.

Menumbuhkan kreativitas

Secara nggak langsung, kuliah di PR bakal bikin kamu lebih kreatif. Karena akan ada banyak mata kuliah di jurusan public relation ini yang memaksa kamu untuk berpikir kreatif. Salah satunya mata kuliah Komunikasi Multimedia yang mana di dalamnya mempelajari cara menyampaikan informasi yang dikemas semenarik mungkin. Komunikasi Multimedia ini juga mempelajari sedikit tentang desain, contohnya seperti penyampaian pesan lewat poster. Untuk membuat poster yang menarik minat pembaca, jelas membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Punya banyak teman kece

Siapa sih yang nggak mau punya banyak teman yang super kece? Pasti pada mau kan? Malah di antara kamu biasanya cari kampus yang banyak mahasiswa kecenya. Buat kamu yang masih single, bisa jadi ini salah satu cara untuk kamu bisa dapatin pasangan. Karena memang Fakultas Ilmu Komunikasi, khususnya jurusan public relation ini dituntut untuk berpenampilan sebaik dan semenarik mungkin. Biar ketika lulus nanti bisa jadi praktisi PR yang selain pendapatnya bisa didengar, penampilannya juga enak dipandang. Jadi yaaa, kalo kamu kuliah di jurusan public relation ini ibarat sambil menyelam minum air. Sambil belajar, sambil cuci mata!

Prospek kerja yang akan selalu ada

Ini dia bagian yang paling penting. Setelah nanti kamu lulus dari jurusan public relation ini, kamu punya banyak pilihan mau jadi apa. Contohnya, kamu bisa jadi praktisi PR yang saat ini sangat dibutuhkan di berbagai lembaga atau perusahaan. Tugas utama seorang praktisi PR adalah menyampaikan segala sesuatu kepada masyarakat terkait lembaga atau perusahaan itu sendiri. Kamu juga bisa jadi seorang MC (Master of Ceremony), karena selama kamu kuliah, kamu sudah belajar dan terbiasa berbicara di depan orang banyak. Kalo kamu nggak mau jadi praktisi PR dan nggak bisa jadi MC, maka kamu bisa bekerja di perusahaan media, baik itu media cetak, media digital, televisi, atau radio. Karena seseorang yang lulus dari public relation atau Fakultas Ilmu Komunikasi biasanya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan. Jadi, bekerja di media juga cocok untuk kamu yang andal berkomunikasi.

Penulis: Bida Yunita

Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Mahasiswa atau anak SMA dan ingin tulisannya ditayangkan di HAI? Kirimkan artikel kamu ke redaksi.hai[at]gmail.com! Tulisan yang layak dimuat akan tayang di situs HAI-Online.com.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest