Follow Us

Ini 3 Cara yang Bisa Menghentikan Berantem Kamu dengan Orang Tua

Alvin Bahar - Jumat, 24 November 2017 | 06:30
(ilustrasi) Bertengkar dengan orangtua
Alvin Bahar

(ilustrasi) Bertengkar dengan orangtua

HAI-ONLINE.COM - Bertengkar terus-terusan dengan orang tua tentu nggak enak. Banyak hal negatif yang malah terjadi. Mulai dari diem-dieman bikin suasana nggak enak, sampai mau keluar kamar saja males.

HAI punya nih 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan pertengkaran dengan orang tua. Menurut Klare Heston, dilansir dari Wikihow, ini cara-caranya:

1. Diskusi bukan debat Cari waktu yang tepat untuk berbicara. Mungkin kamu dan orang tua sering bertengkar karena diskusi pada waktu yang kurang tepat. Setelah itu, komunikasikan apa yang kamu butuh dan ingin. Hindari juga potensi obrolan yang sulit bagi orang tua.

Dalam diskusi itu, tanya juga apa yang bisa diri kamu tingkatkan dan perbiki. Tapi, jangan semua tentang kamu melulu ya. Tanyakan juga apa yang orang tua inginkan. Jalin komunikasi dua arah yang baik.

Diskusi juga harus dalam keadaan tenang ya guys. Selain itu juga menghargai pendapat satu sama lain. Pahami perspektif orang tua dalam obrolan tersebut.

2. Tanggung jawab dalam tugas Lakukan pekerjaanmu dengan baik. Apalagi kalau di rumah sudah ada pembagian tugas. Bantu juga pekerjaan orang tuamu tanpa diminta. Kalau melihat orang tua kesulitan dalam suatu hal, nggak ada salahnya itu menyelesaikannya.

Pastikan juga tugas sekolah atau kuliahmu sudah selesai. Ini merupakan tanggung jawab utama loh dalam pendidikan.

Untuk yang merantau, coba juga untuk sering-sering menanyakan kabar lewat telefon atau cara lain. Orang tua pasti rindu dengan keberadaanmu di rumah. Jaga juga kata-katamu setelah bilang ke orang tua.

Hal penting juga untuk selalu jujur dalam keadaan apapun. Tentu kamu sendiri nggak mau 'kan dibohongi, apalagi orang tua.

3. Having fun bersama Nggak ada salahnya untuk jalan-jalan atau sekadar quality time bersama orang tua. Tunjukkan kalau kamu mengapresiasi apa yang telah orang tua lakukan kepadamu, sesederhana ucapan terimakasih.

Kalau kamu sering pergi makan dengan teman, coba untuk makan bersama orang tua. Jalan-jalan sore di akhir pekan juga akan menjadi momen yang bisa menghindari pertengkaran bersama orang tua.

Dalam having fun pastinya lakukan kegiatan yang sama-sama bikin kalian senang dan nyaman ya! Semoga tiga cara ini bisa kamu praktikkan dan menghindari pertikaian dengan orang tua. (Dewi)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular