Follow Us

Ini Dia Asal Usul Penemuan Sedotan!

Alvin Bahar - Minggu, 26 November 2017 | 13:30
Aneka warna sedotan yang cantik.
Alvin Bahar

Aneka warna sedotan yang cantik.

HAI-ONLINE.COM - Sadar nggak sadar sedotan selalu ada di manapun dan kapanpun. Tapi, penasaran nggak sih bagaimana sejarah benda yang bermanfaat ini?

Dilansir dari Bobo, orang yang pertama kali menggunakan sedotan adalah orang Sumeria yang mendiami wilayah Irak sekitar 4000-5000 tahun lalu. Waktu itu, sedotan berupa potongan jerami atau batang rumput yang disebut ryegrass.

Saat itu, mereka menggunakan sedotan untuk minum-minuman berempat agar bubuknya tidak terminum. Akibatnya malah ada rasa rumput dalam minuman itu.

Cek deh: Ini Dia Sejarah yang Menceritakan Bagaimana The Flash Mendapatkan Kecepatan Tingkat Dewa

Lalu, Marvin Stone pada 1988 mulai membuat sedotan dari lembaran kertas yang digulung pada pensil, lantas ujugnya dilem dan dicelupkan ke paraffin agar awet. Setahun kemudian, ia mematenkan temuannya itu dan mendirikan pabrik sedotan.

Benda ini pun terus berkembang sampai terbuat dari plastik. Pada 1930-an, sedotan yang dapat dibengkokan diciptakan Joseph B. Friedman di Amerika Serikat. Idenya muncul dari anaknya yang sulit minum dari gelas tinggi.

Sekarang, nggak cuma lurus atau bisa dibengkokan di ujungnya aja, sedotan sudah makin berkembang kreatif. Muncul sedotan berbentuk spiral, ada tambahan hiasan, dll. Bahkan fungsinya pun bertambah menjadi gelang, kalung, tirai, dan lainnya. (Dewi)

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id yakni "Kisah Penemuan Sedotan"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest