Follow Us

3 Foto Ini Sebaiknya Nggak Kamu Upload ke Media Sosial

Alvin Bahar - Selasa, 21 November 2017 | 07:15
Boarding Pass
Alvin Bahar

Boarding Pass

HAI-ONLINE.COM - Kejahatan di dunia maya sangat bermacam-macam. Oleh karena itu, kamu harus pintar dan sangat berhati-hati sebelum meng-upload apapun ke media sosial. Foto apa saja yang sebaiknya nggak kamu upload? Ini tiga di antaranya menurut Reader's Digest:

Cek deh: 7 Ide Pose Foto Dari Sandiaga Uno.

1. Boarding pass

Pastinya kamu sangat bersemangat menjelang liburan. Saking semangatnya, boarding pass difoto terus di-upload ke media sosial. Tanpa disadari, hal ini bisa berdampak negatif untuk keamanan kamu lho.

Dengan meng-upload boarding pass ke media sosial, secara nggak langsung kamu memberitahukan nama lengkap dan tujuan perjalanan.

Bukan hanya itu, Brian Krebs, seorang pakar investigasi dan kejahatan cyber yang juga penulis dan pendiri Krebsonsecurity.com berkata bahwa data lainnya juga bisa beresiko tinggi.

Dengan melihat kode QR yang ada di boarding pass, para peretas bisa mengakses nomor telepon, alamat rumah, tanggal lahir, dan bahkan data paspor kamu. Berdasarkan tanggal keberangkatan dan kepulangan kamu, peretas juga dapat mengetahui kondisi rumah yang kosong!

2. Uang

Meng-upload foto cek, uang, atau pun kartu kredit juga sangat nggak disarankan dan bisa menyebabkan masalah untuk kamu. Hal ini bisa menyebabkan kamu jadi korban perampokan.

Hindari foto yang bisa memberikan informasi keuangan kamu ke media sosial, seperti halnya nama bank, nomor kartu, atau pun nomer rekening kamu ya.

3. Foto yang masih belum jelas kebenarannya

Jangan sampai cuma gara-gara sesuatu yang menyentuh hati, bikin iba, atau bikin marah, kita langsung upload aja ke media sosial tanpa tau kebenaran atau fakta di balik itu semua. Apalagi kalo foto itu ternyata karya Agan Harahap. Hihihi.. Malu abis! Nggak asik kan, kalo tiba-tiba kita dijauhi teman?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest