Follow Us

3 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Sekolah Double Track, Sistem Yang Menggabungkan SMA dan SMK

Dok Grid - Rabu, 20 Maret 2024 | 11:00
Jurusan Tata Boga SMKN 30 Jakarta. Foto oleh: Kiram
Rizki Ramadan

Jurusan Tata Boga SMKN 30 Jakarta. Foto oleh: Kiram

Ada kabar terbaru nih dari sistem belajar di SMA saat ini. Yuk, kenalan dengan sistem double track. Jadi, sistem double track adalah suatu sistem pembelajaran yang menggabungkan cara belajar SMA dan SMK. Nantinya, setiap siswa SMA akan diberi keterampilan tambahan untuk menyiapkan lulusannya siap kerja jika nggak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dikemas seperti Ekskul Wajib

Konsepnya, keterampilan tambahan yang diberikan kepada siswa SMA diporsikan sebagai ekstra kurikuler (Ekskul) dengan ketentuan setiap siswa minimal satu tahun bergabung dengan ekskul. Nah, untuk masalah waktu dapat dilaksanakan pada Jumat atau Sabtu sore. Pokoknya, keterampilan tambahan ini dikemas seperti ekskul, guys.

Dimulai Di Daerah Jawa Timur

Menurut Kepada Dindik Jatim, Saiful Rahman, sasaran dari double track akan diterapkan dan difokuskan di beberapa SMA swasta yang ada di Kabupaten Madura terlebih dahulu. Setelah itu, barulah ia berharap dapat diterapkan di beberapa sekolah lainnya yang letak geografis sekolahnya berada di daerah terpencil.

“Sekolah dapat mengusulkan sesuai dengan tenaga dan sasarannya, nanti akan kami kaji untuk bisa difokuskan dan mendapat sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” ujarnya usai membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kepala SMA Swasta Se-Jatim di Hotel Mercure.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Akhmad Sukardi yang juga turut hadir dalam rapat itu mengapresiasi program SMA double track. Menurutnya, SMA double track merupakan salah satu langkah yang baik.

Beda Dari SMK

Meskipun sekilas terlihat seperti SMK, tenang aja nih guys karena tetap ada perbedaan kok antara SMA double track dengan SMK. Yang membedakannya adalah pendalaman teori. Kalau SMK sejak awal sudah mempelajari teori dasar hingga praktek keterampilannya sedangkan SMA hanya tambahan tanpa mengganggu pelajaran umum.

Tapi, untuk mengantisipasi adanya persaingan dan ancaman bagi SMK nih, ternyata pemerintah juga memiliki rencana untuk SMK akan dilibatkan dalam pemberian keterampilan di SMA double track.

Well, apapun kebijakan dari pemerintah semoga semakin memajukan dunia pendidikan ya!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest