Follow Us

3 Kesalahan Dasar Saat Bikin Password, Awas di-Hack!

Alvin Bahar - Sabtu, 18 November 2017 | 12:30
Ganti password
Alvin Bahar

Ganti password

HAI-ONLINE.COM - Sebuah penelitian dari Kaspersky Lab memperlihatkan sebuah hasil yang cukup mencengangkan. Ternyata, pengguna internet di seluruh dunia masih belum memahami bagaimana menggunakan password secara efektif guna melindungi diri sendiri pada saat online.

Peneliti juga menemukan bahwa pengguna internet banyak yang membuat password yang buruk dan "sederhana" sehingga menimbulkan konsekuensi lebih buruk. Melalui penelitian ini, Kaspersky Lab menemukan tiga kesalahan umum dari password yang menyebabkan keamanan sejumlah besar pengguna internet berisiko:

1. Menggunakan password yang sama untuk beberapa akun. Ini berarti kalo password tersebut bocor, maka akun lainnya dapat diretas!

2. Menggunakan password yang lemah sehingga mudah untuk diretas.

3. Menyimpan password secara nggak aman, sehingga menyia-nyiakan pentingnya memiliki password, bahkan yang kuat sekalipun.

"Mengingat begitu banyaknya informasi pribadi dan sensitif yang kita simpan secara online saat ini, maka pengguna harus mengambil langkah keamanan yang lebih baik lagi, berupa proteksi password yang efektif, untuk melindungi diri mereka," tutur Andrei Mochola, Head of Consumer Business di Kaspersky Lab, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers yang diterima, Rabu (18/1).

"Ini sebenarnya cukup jelas, tetapi sayangnya banyak pengguna yang nggak menyadari bahwa mereka selalu jatuh ke dalam perangkap pembuatan manajemen password ‘sederhana’ yang salah. Kesalahan-kesalahan ini, pada gilirannya, seperti meninggalkan pintu depan menuju e-mail, rekening bank, file pribadi dan lainnya terbuka lebar bagi penjahat siber," imbuhnya.

Nah, apa kamu punya password seperti di atas? Langsung ganti deh! (Kompas.com)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular