Follow Us

Menurut Pelajar SMA, Inilah Peraturan Yang Seharusnya Diterapkan Di Sekolah

Rizki Ramadan - Rabu, 15 November 2017 | 10:30
Student Talks
Rizki Ramadan

Student Talks

HAI-online.com - Kehidupan sekolah pastinya nggak lepas dari yang namanya peraturan. Peraturan itu kan prinsipnya dibuat untuk dipatuhi, tapi nggak jarang, malah sengaja dilanggar. Coba inget-inget lo lebih sering melanggar atau ngikutin peraturan ‘nih?

Banyak yang bilang kalo peraturan sekarang tuh malah memaksa siswanya jadilah pada melanggar. Terus peraturan macam apa sih yang sebenarnya dibutuhin sama anak sekolah zaman sekarang? Buat tahu jawabannya, HAI udah berhasil tanya-tanya ke yang bersangkutan ‘nih. Yuk, simak jawabannya.

(BACA: Di Puncak Popularitas, Payung Teduh Ditinggal Vokalisnya)​

Satriyo Adipratomo – SMAN 81 Jakarta

Menurut gua, peraturan sekolah sekarang udah bukan mengatur lagi, tapi memaksa siswanya untuk sama, kaya beribu kertas putih yang mesti digambari pohon semuanya. Kalo pengen buat peraturan, secara keseluruhan tuh jatohnya harus mengubah kurikulum, artinya mengubah sistem gimana ita dididik secara keseluruhan. Peraturan kaya kuku nggak boleh panjang sedikit, gesper harus sama semua atau kaos kaki musti kudu wajib 10 CM di atas mata kaki tuh bagi gua nggak begitu penting. Mending fokusin bikin peraturan yang mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik aja, misalnya tiap hari apa kita harus pinjem satu buku ke perpus dan kita bikin resensinya, intinya yang membangun siswanya.

Felicia Vaniadiva – SMAN 61 Jakarta

Kalo di sekolah gua, kadang susah banget izin keluar sekolah buat keperluan tertentu, sekalipun pas lagi istirahat. Jadinya kalo pagi-pagi kadang tuh rame banget yang mau ke tempat fotocopy. Nah, gue pengennya sih ada peraturan yang melonggarkan izin itu. Apalagi ini kan memang buat keperluan pelajaran. Pasti bakal ngebantu banget sih, biar nggak keteteran juga, karena kadang nggak sempet juga kalau pas pulang sekolahnya.

Bergas Yekti Putra – SMAN 71 Jakarta

Kalo gua bisa buat peraturan, gua cuma mau tugas rumah untuk satu minggu hanya 2-3 mata pelajaran ajaa. Penerapannya full di sekolah, materi yang disampaikan di satu hari nggak terlalu banyak, tapi semua siswa bisa menyerap.Jadi, bisa meminimalisir siswa ngerjain tugas di rumah. Efeknya siswa lebih fokus untuk lanjut belajar kedepannya, nggak stuck sampe situ karena tugas – tugas sebelumya belum dikerjain. Dan juga mungkin bisa belajar dengan mengulang-ulang sendiri di rumah.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest