Follow Us

5 Pahlawan Indonesia Ini Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri

Alvin Bahar - Jumat, 10 November 2017 | 03:15
Jalan Soekarno atau Rue Soukarno di kota Rabat, ibu kota Maroko.(KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)
Alvin Bahar

Jalan Soekarno atau Rue Soukarno di kota Rabat, ibu kota Maroko.(KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

HAI-ONLINE.COM - Bukan hanya harum di negerinya sendiri. Nama para pahlawan ini juga terdengar hingga ke negeri orang, sampai-sampai jadi nama jalan. Ini dia 10 pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri.

Cek deh: Orang Seperti Apa sih yang Layak Diberi Gelar Pahlawan?

Jalan RA Kartini di Belanda

RA Kartinistraat
Nama pahlawan perempuan dari Jepara ini diabadikan sebagai nama jalan di Belanda. Seperti dirilis nasional.kompas.com, beberapa kota di Belanda, yakni Utrecht, Venlo, Amsterdam,dan Haarlem, menamai jalannya dengan Kartini Straat (Jalan Kartini).

Ibu kota Belanda, Amsterdam, juga mengabadikan nama pejuang emansipasi wanita itu sebagai nama jalan. Di wilayah Amsterdam, Zuidoost atau yang dikenal dengan Bijlmer, terdapat jalan yang dinamai dengan nama lengkap Kartini, yakni Jalan Raden Adjeng Kartini. Jalan itu berdekatan dengan jalan bernama pahlawan wanita dunia, seperti Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, dan Isabella Richaards.

Jalan Mohammed Hatta di Belanda

Mohammed Hatta Straat
Sementara di Haarlem, Jalan Kartini berdekatan dengan jalan pahlawan lainnya, yakni Jalan Mohammed Hatta (Mohammed Hatta Straat). pemerintah Belanda melalui walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan di Harleem Belanda. Menghormatinya sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah belajar di Belanda.

Jalan Sutan Sjahrir di Belanda

Sutan Sjahrirstraat
Sjahrirstraat adalah jalan yang dinamai dari pahlawan Sutan Sjahrir di kawasan Leiden, Belanda. Sutan Sjahrir memang pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School Of Indology di negara kincir angin ini.

Jalan Soekarno di Maroko

Jalan Soekarno atau Rue Soukarno di kota Rabat, ibu kota Maroko.(KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)
Nama pahlawan yang diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri bukan hanya Kartini. Nama presiden pertama Indonesia, Soekarno, juga abadi sebagai nama jalan Ahmed Sokarno di Maroko. Rue Soekarno, telah resmi dikenalkan sebagai nama pada jalan di ibu kota Maroko Rabat mulai tanggal tanggal 2 Mei 1960. Dirilis liveberita.com Penamaan itu adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno pada Maroko.

Jalan Soekarno di Mesir

Ahmed Sokarno st
Bukan hanya di Maroko, nama presiden pertama Republik Indonesia ini juga diabadikan sebagai nama jalan di Mesir. Dipilihnya nama Soekarno untuk nama jalan karena pada tahun 1955, Soekarno berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).

Source : cewekbanget.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest