Follow Us

Pasti Udah Tau Rasuna Said adalah Nama Pahlawan, Tapi Tau Nggak Kalo Dia Pahlawan yang Memerjuangkan Kaum Cewek?

Alvin Bahar - Jumat, 10 November 2017 | 02:00
HR Rasuna Said
Alvin Bahar

HR Rasuna Said

HAI-ONLINE.COM - HR Rasuna Said dikenal sebagai salah satu nama jalan utama di Jakarta. Sebagian besar orang juga mengenal nama itu sebagai seorang pahlawan. Sayangnya, masih banyak yang nggak tau seperti apa perjuangan Rasuna Said pada masanya. Mungkin, jenis kelaminnya aja juga nggak tau.

"Pernah denger Rasuna Said itu pahlawan. Tapi spesifiknya gak tahu kayak pahlawan di bidang apa," aku Alvian, seorang warga asal Bekasi.

Hal serupa diungkapkan Yuni, warga lainnya. Ia mengaku tahu sosok Rasuna Said setelah melihat patung pahlawan tersebut di kawasan Kuningan.

"Saya tahu dia orang Minang doang soalnya di situ ada tanggal lahirnya kan, di patung yang di depan Pasfes (Plaza Festival). Tapi nggak tahu dia apa (siapa), pengen nyari tapi nggak sempat-sempat dari dulu," ujar cewek yang juga berasal dari Tanah Minang itu.

Cek deh: 5 Film Indonesia yang Dibuat untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Siapa sesungguhnya HR Rasuna Said?

Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan(KOMPAS.COM/NURSITA SARI)
HR Rasuna Said memiliki nama kepanjangan Hajjah Rangkayoh Rasuna Said. Ia merupakan anggota Persatuan Muslim Indonesia (PERMI).

Ia dikenal sering berpidato dengan nada keras dan tajam. Karena perlawanannya, Rasuna pernah ditangkap Belanda dan dipenjara selama 14 bulan.

Setelah dipenjara, ia melanjutkan perjuangannya dengan memimpin redaksi majalah Raya yang terkenal dengan tulisan-tulisannya yang tajam dan berani.

Nggak hanya itu, Rasuna pun menerbitkan Majalah Menara Putri di Medan, Sumatera Utara. Majalah itu berhasil membawa suara perjuangan kaum cewek dengan tujuan kemerdekaan.

Selain aktif sebagai jurnalis, Rasuna dikenal sebagai tokoh yang membentuk Komite Nasional Indonesia (KNI) Sumatera Barat bersama tokoh-tokoh lainnya. Ia pun terpilih jadi salah satu dari 15 anggota KNI Sumbar yang duduk di KNI pusat.

Semasa hidup, Rasuna juga aktif dalam banyak hal. Ia terlibat dalam sidang Perjanjian Linggarjati, terpilih jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Serikat, anggota Dewan Nasional, anggota Dewan Pertimbangan Agung, hingga dipercaya jadi ketua penyelenggara Kongres Nasional Perdamaian.

Nah, sekarang tau kan seberapa kerennya HR Rasuna Said? Seperti kata Bung Karno, jangan sekali-kali melupakan sejarah ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Jalan Rasuna Said, Dia Pahlawan Kan?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest