Follow Us

Menurut Penelitian, Gini Caranya Mengurangi Godaan Junk Food

Alvin Bahar - Selasa, 07 November 2017 | 06:45
Junk Food Mematikan
Alvin Bahar

Junk Food Mematikan

HAI-ONLINE.COM - Siapa yang kuat nahan ketika kentang atau burger ada di hadapan, seakan-akan minta untuk dimakan? Kamu kuat? Kayaknya akan runtuh semua deh imannya!

Yoi, pesona junk food emang susah untuk dilawan. Jangankan anak muda seperti kita yang emang lebih doyan sama makanan jenis ini, orang tua dan orang yang paham akan kesehatan pun, kadang masih suka khilaf kalo disodorin junk food! Ya abis gimana? Junk food emang enak dan asik dijadikan makanan berat atau cemilan. Tapi mengkonsumsi junk food terlalu sering akan berbahaya bagi tubuh dan mengundang berbagai macam penyakit nantinya.

Oleh karena itu, supaya gaya hidup kita lebih sehat kita harus banget mengurangi konsumsi junk food dari sekarang. Susah sih, tapi selalu ada cara kok!

Cek yuk: 7 Makanan Dari Film Animasi Ghibli Ini Dibuat Jadi Nyata Oleh Seorang Koki Jepang. Menggiurkan

Sajikan sendiri

Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi junk food menurut sebuah hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Marketing Research, cara yang paling ampuh melawan nafsu untuk memakan junk food adalah dengan menyajikan sendiri makanan yang akan dimakan. Jangan biarkan orang lain yang menyajikannya buat kamu. Kenapa begitu, ya?

Jadi, menyajikan sendiri dengan disajikan orang lain berpengaruhi pada porsi makan kita. Kalo kita menyajikan sendiri, kita akan langsung melihat makanan tersebut nggak sehat, alhasil kita memutuskan untuk mengambilnya sedikit aja. Berbeda kalo disajikan, kita pasti terima-terima aja jika orang memberikan dengan porsi penuh.

Menurut peneliti Linda Hagen, Aradhna Krishna dan Brent McFerran, kontak fisik juga sangat mempengaruhi porsi dan daya tarik kita terhadap junk food, lho. Pasalnya, keterlibatan fisik ini akan membuat kita merasa tanggung jawab kalo memakan makanan nggak sehat, sedangkan kalo diberikan oleh orang lain kita akan cenderung lepas tanggung jawab atas konsekuensi yang akan didapat karena makanan tersebut nggak sehat. Kita akan berpikir kalo makanan yang dikasih orang tersebut adalah rezeki yang nggak bisa kita tolak. Dan itu bukan salah kita ketika memakannya.

Maka dari itu, kalo kamu pergi ke restauran yang menjual junk food, sebaiknya kamu langsung yang memilih makanan tersebut. Jangan biarkan orang lain memesankan untuk kamu. Misal kamu pilih-pilih sendiri cokelat yang ada di restauran tersebut. (Nurul)

Sumber: Independent, Kompas

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular