Follow Us

Nggak Banyak yang Tau, Ini 6 Makanan Penyebab Bau Mulut!

- Rabu, 01 November 2017 | 10:45
Kunyah Makanan Jangan Cepat-Cepat, bro!
Hai Online

Kunyah Makanan Jangan Cepat-Cepat, bro!

HAI-ONLINE.COM – Selain karena kesehatan mulut, suka atau nggak, bau mulut juga bisa diakibatkan oleh makanan yang kita konsumsi. Alasannya, beberapa makanan tersebut mempunyai senyawa yang bisa menyebabkan bau mulut. Nah, nggak banyak yang tau, ternyata ini 6 makanan penyebab bau mulut.

Bawang

Bawang putih dan bawang merah mengandung senyawa sulfur dan mercaptan yang memiliki bau tidak sedap. Di saluran pencernaan, kedua senyawa itu diserap lalu didistribusikan oleh darah ke seluruh tubuh termasuk paru-paru. Dari paru-paru, uapnya ikut keluar bersama udara pernapasan dan memicu bau mulut.

Daging

Bumbu-bumbuan yang dipakai untuk memasak daging bisa memicu bau mulut, sementara serat daging yang terselip di sela-sela gigi jika tidak dibersihkan juga bisa membusuk dan memicu bau tidak sedap. Untuk mengatasi bau yang dipicu oleh bumbu-bumbuan, tambahkan jeruk nipis dalam masakan dan biasakan untuk gosok gigi setelah makan daging.

Susu

Di dalam mulut, susu dan berbagai produk olahannya termasuk keju dan yoghurt dapat membentuk senyawa amino. Senyawa ini diubah menjadi senyawa sulfur oleh mikroba alami yang terdapat di permukaan lidah sehingga baunya menjadi tidak sedap.

Gula

Permen, minuman bersoda dan kue yang mengandung gula bisa menjadi makanan bagi bakteri dan mikroba alami yang ada di mulut. Hasil metabolisme para mikroba ini adalah senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Telur

Seperti halnya daging merah dan kacang-kacangan, telur mengandung banyak protein yang bisa memicu bau mulut. Saat bereaksi dengan cairan asam di saluran pencernaan, protein melepaskan bau tidak sedap yang bisa terbawa kembali ke rongga mulut.

Kopi dan alkohol

Alkohol dapat membuat mulut kering sementara kopi meningkatkan keasaman rongga mulut. Keduanya merupakan faktor pemicu pertumbuhan bakteri anaerob yang berlebihan sehingga bau mulut tidak sedap.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest