Follow Us

Jurusan Kuliah Geografi Sering Dipandang Sebelah Mata, Padahal Prospek Kerjanya Oke Punya!

- Rabu, 01 November 2017 | 05:45
Geografi
Hai Online

Geografi

HAI-ONLINE.COM – Ini jadi salah satu jurusan yang nggak banyak dipilih dan ditekuni mahasiswa. Alasannya beragam, biasanya karena sebagian besar dari kita masih mempertanyakan kajian bidang ilmu geografi sampai prospek kerjanya.

Padahal, nih, ya, program studi ini punya disiplin ilmu yang luas. Nah, itu artinya, kesempatan untuk bekerja juga terbuka lebar buat para lulusannya.

Badan Koordinasi Survei Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)

Pernah lihat peta penyebaran gunung berapi aktif di Indonesia atau peta jalanan? Nah, itu semua kerjaann anak-anak lulusan geografi jurusan kartografi.

Kerjanya seru, kok. Nggak percaya?

“Jadi, nanti kita akan menggambar peta gitu. Nah, itu didapat dari proses namanya pencitraaan, ambil foto lewat wahana udara kayak pesawat, balon udara, atau satelit. Nah, kalau gambarnya udah dapet, tinggal diproses dengan menggunakan software khusus. Soal pendapatan, ini cukup menjanjikan karena saingannya masih sedikit,” ujar Ratna, alumni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA).

Dinas Tata Ruang Kota

Siapa bilang lulusan geografi ngga bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Bisa banget! Salah satunya adalah dengan bekerja di Dinas Tata Ruang Kota.

Di sini, kita punya tugas pokok dalam pengkoordinasian kebijakan pelayanan daerah di bidang perencanaan tata ruang, pengendalian pemanfaatan lahan, penatagunaan lahan serta penataan bangunan. Gampangnya, kita akan berurusan dengan tata letak gedung atau bangunan di kota-kota. Nah, untuk soal pendapatan, katanya, nih, minimal kita bisa meraup uang sekitar Rp 10 juta.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest