Follow Us

3 Manfaat Kesehatan Penting yang Kamu Dapatkan Saat Donor Darah

Alvin Bahar - Senin, 30 Oktober 2017 | 07:30
Donor darah
Alvin Bahar

Donor darah

HAI-ONLINE.COM - Donor darah adalah kegiatan yang sangat baik yang bisa kita lakukan. Bagi kamu yang mampu mendonorkan darah, apapun golongannya, sebaiknya rutin melakukannya. Karena selain bisa menyelamatkan nyawa seseorang, kita juga bisa merasakan manfaatnya yaitu dengan donor darah tubuh kita akan lebih sehat.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dirasakan oleh tubuh kita ketika melakukan donor darah:

Cek deh: Bilang Ini Pada Gurumu, Kebanyakan Tugas Sekolah Itu Bikin Jiwa Nggak Sehat.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Donor darah bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker seseorang karena, penumpukan zat besi di tubuh yang bisa menyebabkan peningkatan terhadap bahaya radikal bebas dalam tubuh yang memicu terjangkitnya kanker. Zat besi sendiri berada di dalam darah dan dengan donor kita sama aja mengurangi penumpukan zat besi yang terjadi.

Menurut The Miller, Keystone Blood Center, ketika kita secara rutin mendonorkan darah kita maka risiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker tenggorokan dan kanker usus besar akan berkurang.

2. Menyehatkan Jantung

Banyak banget orang yang terkena serangan jantung tiba-tiba, nggak cuma orang dewasa atau lansia, anak muda juga rentan terhadap penyakit jantung. Nah, dengan mendonorkan darah, aliran darah akan lancar yang berakibat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology mengatakan, kalo kamu sering mendonorkan darah 88% lebih rendah mengalami risiko serangan jangtung dibanding orang yang nggak pernah menyumbangkannya.

Menurut Blood Flow Online, mendonorkan darah secara konsisten akan mengurangi kelengketan dan ketebalan darah, jadi aliran darah akan lebih lancar di pembuluh darah termasuk di daerah jantung.

3. Turun Berat Badan

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular