Follow Us

Ssssttt..., Ini 5 Tips Dari HRD Biar Kamu Gampang Dapat Kerja!

- Selasa, 24 Oktober 2017 | 09:00
kerjanya pakai kaos aja
Hai Online

kerjanya pakai kaos aja

HAI-ONLINE.COM – Lepas dari dunia perkuliahan nggak berarti kita bebas dari pekerjaan rumah, loh. Suka nggak suka, kita masih punya beberapa tugas yang harus diselesaikan seusai pesta wisuda digelar. Yap, salah satunya adalah mencari pekerjaan.

Masalahnya, mencari pekerjaan nggak segampang membalikkan telapak tangan. Belum lagi ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan jadi momok tersendiri buat kita, para fresh graduate. Udah semangat ngirim banyak CV ke beberapa perusahaan idaman, tapi nggak ada satupun yang membuahkan hasil. Bikin down, bro!

Atau, ada yang udah ngikutin tes bahkan sampai wawancara, tapi nggak dipanggil lagi buat tanda tangan kontrak. Apa salahnya, ya?

Well, nggak usah sedih. Ini 5 tips dari HRD biar kamu gampang dapat kerja.

Menguasai Bahasa Asing

Nggak perlu bisa menguasai banyak bahasa asing, untuk bekerja di satu perusahaan, kita cukup menguasai minimal bahasa inggris. Bahasa inggris lo pas-pasan? Jangan sedih. Udah banyak media untuk bikin kita fasih berbahasa inggris. Mulai dari ikut kursus singkat, sampai belajar di Kampung Inggris (Kediri) bisa kita coba.

“Perusahaan biasanya cari fresh graduate yang bisa berbahasa inggris. Soalnya, kebanyakan perusahaan apalagi yang besar akan menggunakan bahasa inggris. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang langsung interview dengan bahasa inggris,” ujar Cindy Nara, selaku Chief Editor/Head of Content dari www.karir.com.

Cara Berkomunikasi

Cara kita berkomunikasi, tuh, penting banget diasah, loh. Soalnya, suka nggak suka, kita akan berhadapan dengan proses wawancara. Nyatanya, nggak sedikit dari teman-teman kita yang gagal pada fase ini.

“Perusahaan juga akan menyeleksi pelamar kerja lewat cara dia berkomunikasi. Kami akan melihat bagaimana cara dia berkomunikasi, logika berfikirnya, sampai sikap dia selama wawancara,” lanjut Anastasia Herawati, Recruitment & Selection Head Kompas Gramedia-Group of Magazine menjelaskan.

Skill Memadai

Ijazah aja nggak cukup buat melamar kerja ke perusahaan yang dituju. Soalnya, sebagai fresh graduate, kita tetap harus punya kemampuan atau skill lebih untuk bisa kita jual. Nah, saat melamar, cobalah cari perusahaan yang membutuhkan pekerja yang sesuai dengan skill yang kita miliki.

Halaman Selanjutnya

Leadership
1 2

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular