Follow Us

Batas Maksimal Manusia Di 10 Hal. Dari Mulai Batas Tanpa Makan Hingga Jumlah Teman.

Rizki Ramadan - Sabtu, 14 Oktober 2017 | 06:00
9 Film Tentang Bromance Yang Asik Buat Ditonton Bareng Sahabat. Kebet, Nih!
Rizki Ramadan

9 Film Tentang Bromance Yang Asik Buat Ditonton Bareng Sahabat. Kebet, Nih!

Saat nonton Stranger Thing, diceritakan bahwa Will yang diculik ke dunia Upside Down, terperangkap di sana selama lebih dari seminggu. Udah gitu, ada satu scene yang menunjukkan Will seperti tak berdaya. HAI berasumsi, selama di sana, Will nggak makan. Mukanya pucat bukan main. Nah, HAI jadi bertanya deh, sebenernya berapa sih batas manusia untuk bisa hidup tanpa makan?

Manusia selalu punya capaian yang tak terbatas: selalu ingin menjadi lebih kuat, lebih cepat, mendaki lebih tinggi, hingga hidup lebih lama. Namun, selihai-lihainya kita meningkatkan kemampuan, potensi kita tetap nggak bisa lepas dari batasan sainstifik dari tubuh.

Pertanyaan pun muncul, sebenernya segimana sih, batas maksimal yang bisa dicapai oleh tubuh kita, dalam banyak hal. Seberapa lama kita bisa bertahan tanpa napas lanjutan, seberapa kuat kita bisa nggak tidur, seberapa centimeter tinggi yang bisa kita capai?

Nggak perlu dipikirin sendiri atau diterka-terka, para ilmuwan sudah melalukan peneilitan dan menyajikan hasilnya. Dikumpulkan oleh Popular Science, inilah dia berbagai batas tubuh manusia:

(BACA:Beginilah Kita, Para Cowok Menghabiskan Uang Jajan. Bawa Bekel Tiap Hari pun Rela Demi Membeli Ini!)

1. Kecepatan Tertinggi Manusia: 9,4 meter per detik

Setelah sprinter Usain Bolt memecahkan rekor dunia di Olimpiade 2008, Mark Denny, seorang biologis di Stanford University bertanya: "Apakah kecepatan Usain Bolt adalah yang tercepat yang bisa dilakukan manusia?" Atau jangan-jangan masih bisa lebih cepat lagi.

Setelah menganalisis rekor-rekor sebelumnya, Denny memprediksi bahwa manusia sebenarnya bisa mencapai jarak 100 meter dalam 9,48 detik atau lebih cepat dari rekor Usain Bolt.

2. Beban Terberat Yang Bisa Manusia Angkat: 1.000 pounds (453,6 kg)

Atlet angkat beban terkuat bisa mengangkat 1000 pounds, tapi Todd Schroeder, biokinesiologis dari University of Souther California di Los Angeles bilang kalau kita bisa 20 persen lebih kuat dari itu. Katanya, otak kita menjaga batas jumlah otot fiber yang aktif dalam satu waktu. Nah, kalau kita bisa melepas "pengamanan" otak itu, maka kita bisa lebih kuat.

3. Pukulan Terkuat Manusia: 4.741 newton

Tahun 2005, dilakukan penelitian kepada para petinju olimpiade untuk mengukur kekuatan tinju mereka. Cynthia Bir, insyinyur biomedis dari Wayne State University menemukan bahwa rata-rata kekuatan mereka adalah 3.427 newton, dan ditemukan salah satu pukulan yang mencapai 4.741 newton, kekuatan yang sama dengan hentakan yang bisa dilakukan beruang kutub setengah ton.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest