Follow Us

Keren, Album Band Metal Ini Diubah Jadi Film Musikal

Alvin Bahar - Rabu, 11 Oktober 2017 | 05:10
Imaginaerum Album Metal Jadi Film Fantasi
Alvin Bahar

Imaginaerum Album Metal Jadi Film Fantasi

HAI-ONLINE.COM - Film yang dibikin berdasarkan kisah nyata, buku, atau game? Biasa aja. Tau nggak, kalau ada film musikal fantasi yang dibuat berdasarkan album metal, namanya Imaginaerum?

Film yang disutradarai Stobe Harju ini dibuat berdasarkan album ketujuh band symphonic metal asal Finlandia, Nightwish, yang berjudul sama pada 2011 lalu. Tuomas Holopainen, kibordis dan penulis lagu Nightwish, juga turut andil dalam penulisan skrip di film ini.

Tuomas mengatakan bahwa ide membuat film sudah terlintas dalam benaknya sejak Nightwish merilis album Dark Passion Play pada tahun 2007. "Saat itu aku memikirkan apa yang bisa kami lakukan di level selanjutnya. Lalu aku merasa ingin mengisahkan sebuah cerita dengan rasa cinta dan hormat," katanya.

Imaginaerum diproduseri bareng oleh Nightwish dan Markus Selin, seorang produser film dan televisi asal Finlandia dari perusahaan film Solar Film Inc. Film ini juga mendapat bantuan dana hibah dari Finnish Film Foundation, sebuah institusi pemerintah Finlandia yang bergerak di bidang perfilman.

Cek yuk: Kocaknya Netizen Indonesia, Marah Cendol Diakui Malaysia, Tapi Minumnya Malah Bubble Tea Thailand

Dana yang diberikan oleh Finnish Film Foundation adalah sebesar USD 575.000 atau sekitar IDR 5,5 milliar. Sementara total biaya pembuatan film ini adalah sebesar USD 3,7 juta atau sekitar IDR 35 milliar. Memang cukup besar untuk sebuah film yang ide dasarnya muncul bukan dari seorang sineas melainkan dari seorang musisi.

Imaginaerum ini kental sekali dengan unsur gothic. Film ini bercerita tentang seorang komposer yang mengalami penyakit yang membuatnya merasa menjadi anak kecil. Bahkan dia nggak mampu mengingat apa yang ia alami ketika dewasa, baik itu teman, musik yang ia buat dan lain sebagainya. Yang tersisa hanyalah ingatan ketika dia berumur 10 tahun, dan akhirnya dia pun koma. Dia berjuang untuk hidupnya dan jika dia tidak bisa bangun dan sadar lagi maka dia akan mati.

Ayo cek: Kocak, Ada Batu Akik di 5 Film Hollywood Ini

Directed by: Stobe Harju Produced by: Markus Selin & Nightwish Screenplay by: Stobe Harju Story by: Tuomas Holopainen Starring: Francis X. McCarthy Quinn Lord Marianne Farley Joanna Noyes Ilkka Villi Keyanna Fielding Ron Lea Victoria Jung Hélène Robitaille Stefan Demers Music by Nightwish & Petri Alanko Studio: Solar Films Inc. & Caramel Films Release date(s): November 23, 2012 Country: Finland & Canada Language: English Budget: $3.7 million

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest