Follow Us

Keren, Cowok Berumur 17 Tahun Ini Bikin Proyek Micro Hydro for Indonesia!

- Senin, 09 Oktober 2017 | 06:17
Proyek Micro Hydro for Indonesia
Hai Online

Proyek Micro Hydro for Indonesia

Setelah dalam waktu lama nggak mendapat suplai listrik, kini, masyarakat Desa Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya bisa merasakan nikmatnya penerangan listrik.

Lewat proyek Micro Hydro for Indonesia, sebuah inisiatif yang diciptakan oleh Gamma Abdurrahman Thohir, lebih dari 75 rumah tangga di Kasepuhan Ciptagelar kini udah teraliri listrik lewat pembangkit listrik kecil tenaga air skala mikro yang memiliki kapasitas 40 KW.

“Proyek Micro Hydro for Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan akses kelistrikan dan mengurangi kesenjangan listrik antara pusat kota dengan pedesaan. Dan saya merasa terpanggil untuk melakukan proyek sosial ini di desa Kasepuhan Ciptagelar yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota namun belum mendapat pasokan listrik yang cukup,” ujar Gamma.

Gamma mengatakan, keberhasilan itu merupakan buah kerja keras dari seluruh tim, termasuk keterlibatan warga Kasepuhan Ciptagelar yang terlibat siang dan malam selama proyek berlangsung. Proyek Microhydro for Indonesia ini juga merupakan bukti generasi muda Indonesia yang bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia yang fokus pada kerja nyata dalam pemerataan pembangunan dan percepatan infrastruktur.

“Seperti yang kita lihat, di Indonesia sendiri masih banyak desa-desa yang belum menikmati aliran listrik padahal potensi listrik dari energi terbarukan di Indonesia sangat besar sedangkan pemanfaatannya masih rendah,” kata Gamma.

“Pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kreativitas anak muda seperti yang telah dilakukan oleh Gamma. Proyek Micro Hydro for Indonesia ini tidak hanya sekedar untuk kepuasan personal, tapi juga mampu menggerakkan anak muda untuk melakukan inisiatif-inisiatif lainnya melalui kontribusi yang positif,” ujar Archandra Tahar, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Keren!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular