Follow Us

5 Cara Lawan Perubahan Iklim Walau Kerjaan Kita Cuma Males-malesan Aja Setiap Hari

Alvin Bahar - Senin, 09 Oktober 2017 | 03:49
Tidurnya inget kamu
Alvin Bahar

Tidurnya inget kamu

HAI-ONLINE.COM - Males-malesan emang nggak baik. Tubuh nggak gerak, lama-lama jadi penyakit. Tapi meski cuma males-malesan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk perbaiki perubahan iklim lho.

Soalnya, menurut laman PBB, perubahan dimulai dari diri kita sendiri: Dari diri setiap orang di dunia, bahkan orang yang paling malas sekalipun. Untungnya, ada cara super mudah yang bisa dilakukan dalam keseharian kita. Hal ini, jika dilakukan oleh kita semua, akan membawa perubahan besar.

Berikut beberapa tips untuk melawan perubahan iklim dari PBB, bahkan meski kamu cuma males-malesan aja kerjaannya.

Cek juga: Meme Pengabdi Setan Muncul Lagi, Ini Dia 10 Meme #IbuSudahBisa Versi Netizen, Bikin Ngakak!

1. Alih-alih mencolokkan kabel ke stop kontak dan mencabutnya kalo alat nggak digunakan, gunakan cable extension bersaklar sebagai sumber listrik peralatan kamu. Kalo nggak gunakan, matikan saklar hingga nggak ada aliran listrik yang masih mengalir ke seluruh peralatan. Gampang yes?

2. Stop pengiriman bukti pembayaran atau bukti transaksi ke rumah kamu dalam bentuk surat atau kertas. Daftarkan diri kamu atau keluarga kamu untuk menerima bukti dalam bentuk surat elektronik, hingga nggak ada lagi amplop yang datang ke rumah kamu.

Ilustrasi
3. Klik share, daripada like. Kalo ada materi di sosial media yang menarik tentang perubahan iklim, sebarkan ke teman-teman kamu. Jadi, semua bisa mendapatkan pengetahuan dari hal penting tersebut.

4. Matikan lampu saat ruangan nggak digunakan. Walau terlihat sepele, kamu akan sangat membantu dalam penghematan energi. Nggak hanya kota kamu, namun juga energi dunia.

5. Imbangi emisi karbon kamu. kamu bisa menghitung jejak karbon yang kamu tinggalkan melalui situs Climate Neutral Now milik PBB ini. Selain itu, kalo kamu berpergian menggunakan pesawat, kamu juga bisa menghitung jejak karbon melalui situs ICAO PBB, dan mengganti jejak karbon kamu melalui situs tersebut.

Artikel ini sudah pernah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Lima Langkah Memerangi Perubahan Iklim Bagi Si Pemalas

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest