Follow Us

Selain Lucu, Ini 7 Fakta Panda Di Balik Kegemasannya

Fadli Adzani - Kamis, 05 Oktober 2017 | 08:57
Po – (Kungfu Panda)
Fadli Adzani

Po – (Kungfu Panda)

Belum lama ini, Indonesia kedatangan sepasang panda dari China dalam rangka kerja sama breeding loan. Hewan lucu yang menggemaskan itu bernama Cai Tao dan Hu Chun. Tapi, lo tau nggak sih panda ngga cuma sekadar lucu loh.

HAI punya beberapa fakta menarik seputar panda yang wajib lo tahu.

1. Alasan digemari manusia

Ternyata, bukan tanpa alasan panda disukai manusia loh. Pipi tembam dan gaya berjalannya yang unik karena kaki panda pendek merangsang sirkuit otak manusia.

Selain itu, dilansir dari Kompas.com panda jadi satu-satunya hewan yang punya jempol semu. Tulang pergelangan tangannya yang fleksibel juga dapat memanipulasi objek. Panda juga mampu berdiri dengan kaki belakangan dan gemar bermain salju. Antomi panda inilah yang menurut Abigail Tucker sebagai alasan manusia gemar panda.

2. Hidup di daerah terpencil

Siapa sangka, panda liar sebenarnya hidup di daerah terpencil. Mamalia ini hidup di pegunungan Tiongkok bagian tengah dengan hutan-hutan bambu di sekelilingnya.

Panda liar sendiri rentang hidupnya lebih cepat ketimbang panda di penangkaran. Di alam liar, ia bisa hidup sekitar 20 tahun. Sedangkan di penangkaran bisa sampai 30 tahun.

3. Simbol filosofi

Berasal dari China, panda disebut-sebut sebagai simbol filosif negara dengan tembok raksasa itu, yakni Yin dan Yang. Hal itu dikarenakan warna bulu panda yang hitam dan putih secara kontras.

Masyarakat China sendiri memang percaya bahwa Yin dan Yang sebagai pembawa kedamaian dan keselarasan dalam keseimbangan hadir dalam sifat panda yang lembut.

Nggak cuma itu, panda juga dinilai menjadi simbol perdamaian. Hewan ini dapat mencegah peperangan atau gencatan senjata yang terjadi.

Source : Hai Online

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest