Follow Us

Seorang Cewek Terkena Kanker Karena Tato di Tubuhnya

- Rabu, 04 Oktober 2017 | 07:10
Yakin punya tato? Baca dulu artikel ini!
Hai Online

Yakin punya tato? Baca dulu artikel ini!

Sebuah kejadian langka baru aja terjadi di dunia medis yang berkaitan dengan tato. Kasus medis langka ini terjadi sama seorang cewek berusia 30 tahun di Australia.

Anehnya, gejala ini baru datang setelah tinta hitam tato terpatri di punggungnya pada 15 tahun lalu.

Seperti informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, benjolan muncul di kedua sisi ketiak cewek itu yang menjadi gejala umum kanker limfoma.

Merasa nggak nyaman, sang cewek yang identitasnya dirahasiakan pergi ke sebuah klinik di Rumah Sakit Royal Prince Alfred di Sydney, Australia, sekitar dua minggu lalu.

Saat tengah diperiksa, para dokter mendapati sejumlah benjolan karet yang nggak terikat berdiameter 1,5 sentimeter.

Anehnya, nggak ada gejalan lain untuk sampai pada diagnosis limfoma. Demam, penurunan berat nada, keringat berlebih, gatal, atau gejala paru nggak terjadi.

Lalu, ketika salah satu kelenjar getah bening dipotong, dokter mendapati sel kekebalan yang menyerang benda asing atau makrofag mengandung pigmen hitam dari tinta tato.

Dilansir dari Science Alert, kasus medis atas reaksi tato bukan hal aneh.

Alergi terhadap kandungan tinta, kebersihan yang nggak memadai dapat membuat infeksi dan hipersensitifitas. Namun, biasanya reaksinya muncul nggak lama setelah tato dilukiskan dan nggak jauh.

Reaksi tato lama setelah pembuatannya memang pernah terjadi.

Kasus sebelumnya, seorang cowok mengidap sejenis alergi 20 tahun setelah mengunjungi gerai tato. Beberapa kasus lain terhadap pigmen tato berakhir di getah bening dan meniru melanoma ganas metastatik.

Namun, pada kasus cewek asal Sydney, melanoma itu nggak terjadi.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest