Follow Us

4 Manfaat Nonton Film Horor Buat Kesehatan (Tapi ada 2 Dampak Buruk Juga)

Alvin Bahar - Senin, 18 September 2017 | 06:16
It
Alvin Bahar

It

Bukan anak muda namanya kalau nggak suka yang memacu adrenaline. Nah, aktivitas memacu adrenaline nggak melulu soal olahraga esktrem guys. Buat sebagian anak muda kayak kita hobi banget nih memacu adrenaline secara pasif (halah!). Ya adrenaline buat hiburan emang sah-sah aja (asal positif).

Dilihat dari sisi hiburan film horor emang menghibur guys. Tapi dari sisi kesehatan sebenarnya bagus nggak sih?

Dilansir dari Kompas.com, Glenn Sparks, seorang profesor komunikasi dari Purdue University menemukan dampak film horor nih guys. Ternyata pas lagi nonton film horor, denyut jantung bakal meningkat sebanyak 15 kali per menit! Selain itu telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot menegang, dan tekanan darah pasti meningkat.

Lebih jauh lagi, ternyata respon tubuh saat menonton film horor itu sama kayak orang yang lagi stress lho. Dan ternyata film horor punya manfaat bagi kesehatan ada juga dampak buruknya. Apa aja sih?

1. Membantu membakar kalori

Film horor
Ternyata film horror ngebantu membakar kalori lho guys. Buat lo yang kelebihan berat badan dan hobi nonton horror, ini bisa jadi kabar gembira. FYI nih guys, nonton film horror 90 menit bisa membakar 113 kalori lho. Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster ini juga menunjukkan nonton film horror sama seperti berjalan kaki selama 30 menit.

Ditambah dengan hormon adrenaline yang meningkat, bikin kalori jadi lebih cepat terbakar.

2. Sebagai katarsis

Film Horor
Nonton film horror ternyata baik untuk pelepasan emosi. Karena sensai 'kejutan' dari film horror berguna untuk pelepas stress, frustasi atau rasa yang terpendam. Tsaaaaaaah. Jadi kalau lagi baper sama gebetan jangan nonton romance ya, nonton horror aja. Hehehehe

Logikanya ketika lo lagi stress akan sesuatu, pasti butuh yang namanya pelampiasan emosi. Nah, dengan menonton film horror dan terkejut, emosi yang terpendam jadi terungkap. Tsaaaaaaah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mungkin ini terdengar konyol guys, tetapi menurut penelitian yang dilakukan oleh Coventry University ternyata benar lho.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular