Follow Us

Ternyata Ghibran-Kaesang Bayar Sendiri Saat Ikut Presiden Jokowi Pergi Ke Luar Negeri.

Rizki Ramadan - Rabu, 30 Agustus 2017 | 04:05
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kedua putra Presiden Joko Widodo saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Rizki Ramadan

Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kedua putra Presiden Joko Widodo saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Apa yang pertama kali muncul di benakmu kalau denger kabar bahwa ada anak presiden yang ikut bapaknya ke luar negeri saat dinas?

Eits, singkirkan stigma negatifmu, apalagi kalau kabar itu datang dari keluarga Pak Jokowi. Pasalnya, Kaesang dan Ghibran baru buka cerita, nih, bahwa keikutsertaan mereka sekeluarga ke Jerman dan Turki saat Jokowi "dinas" tuh nggak pake kas negara.

Kakak-beradik ini sadar bahwa banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun, mereka memilih untuk nggak mengklarifikasinya langsung.

"(Bayar sendiri), kan, nggak perlu disebutkan," ujar Gibran ketika wawancara eksklusif dengan Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Ya, mereka membayar sendiri biaya perjalanan itu ke kas negara.

Sementara Kaesang yang masih kuliah bercerita bahwa ongkos perjalanannya kemarin itu ditanggung oleh kakaknya.

"Aku nggak bayar. Aku ditraktir (oleh Ghibran)," katanya.

Tak Perlu Diumbar

Mereka sengaja nggak mengklarifikasi ke publik walau tau banyak orang yang mempertanyakan, karena menganggap itu akan sia-sia.

"Yang kayak gitu orang enggak usah tahu juga. Kalau kita kasih tahu (bahwa keluarga Jokowi membayar sendiri biaya perjalanan), pasti nanti (dibilang), oh enggak mungkin. Mau kami kasih bill-nya pun percuma," ujar Kaesang.

Liburan Adalah Silaturahmi

Nah, bagi keluarga Jokowi yang lokasi tinggalnya berbeda-beda, plesir ke luar negeri kemarin itu adalah suatu ajang silaturahmi yang diperlukan.

Editor : Rizki Ramadan

PROMOTED CONTENT

Latest