Follow Us

Ini Dia Cowok 17 Tahun yang Jadi Juara Kompetisi Microsoft Excel Tingkat Dunia

- Selasa, 15 Agustus 2017 | 05:09
Kompetisi Microsoft Office tingkat dunia
Hai Online

Kompetisi Microsoft Office tingkat dunia

Buat sebagian besar dari kita, pasti udah nggak asing dengan salah satu program wajib di komputer atau laptop, Microsoft Office. Wajar, soalnya, ada tugas sekolah atau kuliah yang berhubungan dengan software ini, mulai dari Word sampai Excel. Ya, bisa dibilang kita udah tau, deh, soal teknik-teknik dasarnya.

Namun, HAI yakin, pasti nggak banyak yang tau kalau di dunia ini ada perlombaan bertajuk ‘Microsoft Office Specialist World Championship’. Iya serius, lo nggak salah baca. Bahkan, kompetisi ini udah 16 tahun digelar secara rutin.

Sesuai namanya, kompetisi ini mencari orang-orang yang jago dalam mengoperasikan Microsoft Office dari seluruh penjuru dunia. Nah, dilansir dari Kompas.com, tahun ini juara pertama kategori Microsoft Excel didapat oleh cowok 17 tahun asal Woodbridge, Virginia, Amerika Serikat.

Namanya adalah John Dumoulin. Dia berhasil menyingkirkan 150 peserta dari 49 negara. Gelar ini sendiri membuat dia sebagai peserta dari Amerika Serikat pertama yang berhasil menyabet penghargaan di kompetisi ini.

“Saya nggak terlalu berharap menang karena saya tau persaingannya bakal sengit,” kata John Dumoulin.

Cara lombanya adalah, para peserta dikasih waktu 50 menit buat nunjukin keahlian di Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint. Nah, ada enam kategori, di mana para peserta bisa memanfaatkan Microsoft versi 2013 atau 2016.

Untuk Microsoft Excel sendiri, John cerita kalau para peserta dikasih sebuah spreadsheet yang komplit dan kemudian diminta untuk dibuat kembali.

Nah, berkat gelar ini, John berhak membawa pulang uang senilai 7.000 dollar AS atau setara dengan Rp 93 juta. Nggak cuma itu, dia juga dikasih satu unit Xbox!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul artikel Bocah 17 Tahun Juarai Kompetisi Microsoft Excel Tingkat Dunia.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest