Follow Us

Gokil! Ilmuwan Ini Berhasil Membuat Gletser Buatan Setinggi 6 meter!

Rizki Ramadan - Senin, 07 Agustus 2017 | 05:45
Gletser buatan
Rizki Ramadan

Gletser buatan

Hayo yang suka geografi ,siapa yang tau apa itu gletser? Lupa? Alah alasan klise bro! Nih menurut Wikipedia glester adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu geologi. Dilansir dari Cnn.com, ternyata seorang ilmuwan dari India bernama Sonam Wangchuk berhasil membuat glester di daerah Utara negara India. Tepatnya adalah daerah Ladakh, di antara gunung Himalaya dan Kunlun.

Tahun 2014 Sonam membuat ini dengan alasan yang sangat mulia, yaitu dia ingin memecahkan masalah krisis air di Ladakh. Katanya glester ini nggak memerlukan pompa ataupun energi lainnya.

“Saya hanya mengandalkan ilmu fisika dan bahan-bahan di sekitar," papar Sonam

Glester bikinannya ini punya tinggi sekitar 6 meter dan bisa mengeluarkan kurang lebih 150.000 liter total air selama 5 bulan, yang bisa digunakan untuk mengairi 10 hektar tanah .

Proyeknya ini memerlukan biaya $125,000 atau sekitar Rp 1.2 miliar Mahal juga ya! Bagi kalian yang mempunyai keinginan membantu silahkan untuk menyumbang sebagian kecil dari uang jajan kalian atau malah Indonesian juga perlu nih hal semacam ini di daerah timur Indonesia. Kita orang muda harus jadi agent of change paling nggak buat lingkungan sekitar kita!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest