Follow Us

Keren! Begini Cara Ilmuwan NASA Bekerja Sebelum Ada Kalkulator dan Komputer

Dimas Yulian - Sabtu, 11 Februari 2017 | 03:00
Begini Cara Ilmuwan NASA Bekerja Sebelum Ada Kalkulator dan Komputer
Dimas Yulian

Begini Cara Ilmuwan NASA Bekerja Sebelum Ada Kalkulator dan Komputer

Buat kamu yang suka dengan segala hal yang berkaitan dengan obyek luar angkasa pasti familiar dengan lembaga punya pemerintah Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Adminstration alias NASA. Lembaga ini adalah lembaga milik pemerintah yang bertanggung jawab atas segala progam luar angkasa, dan penelitian umum terkait dengan luar angkasa, Amerika Serikat.

Organisasi ini bertanggung jawab atas segala progam penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika dan progam kedirgantaraan. NASA sendiri memiliki tujuan strategis buat emperluas dan mempertahankan aktivitas manusia di seluruh tata surya.

Selain itu, NASA juga memiliki misi buat memperluas pemahaman ilmiah tentang bumi dan aam semesta. Nggak hanya itu, NASA juga bertugas buat menciptakan inovasi ruang teknologi baru, penelitian mengenai aeronautika, hingga berbagi ilmu pengetahuan dengan tenaga pendidik dan mahasiswa buat berpartisipasi.

Sejak didirikan pada tahun 1958 oleh Presiden Eisenhower, NASA memiliki tujuan buat lebih mementingkan kebutuhan masyarakat sipil dibandingkan dengan militer. Tapi pernah penasaran nggak sih gimana para ilmuwan NASA bekerja sebelum ada kalkulator dan komputer?

Kalo zaman sekarang sih, segala hal bisa dipermudah dengan keberadaan komputer dan berbagai teknologi canggih lainnya. tapi di tahun 1960-an, segala teknologi canggih tersebut praktis belom ditemukan. Lalu gimana para ilmuwan NASA bekerja menghitung jarak bumi ke bulan, membuat roket, hingga merencanakan pergi ke bulan?

Ternyata, para ilmuwan NASA dulu harus melakukannya secara manual! Seperti dikutip dari Vintage Everyday, mereka bekerja dan menghitung segala kemungkinan menggunakan papan tulis secara manual. Ketika itu, di ruang NASA terdapat papan tuls besar di mana para ilmuwan bisa menulis dan menghitung menggunakan kapur.

Dengan menghitung secara manual, praktis akan rentan dengan kesalahan. Keran itulah di saat itu, menjadi seorang ilmuwan NASA bukanlah pekerjaan yang mudah. Saking banyak dan panjangnya perhitungan mereka, para ilmuwan bahkan harus menaiki tangga buat melakukan perhitungan di dalam papan tulis.

Meskipun masih menggunakan cara manual, kinerja para ilmuwan NASA saat itu sangat mengagumkan. Dengan dedikasi dan kerja keras yang mereka lakukan, pada tahun 1961 Amerika Serikat berhasil mengirimkan astronot pertama mereka ke bulan. Dan semua itu dilakukan dengan penghitungan manual! Sebuah pencapaian yang sangat mengesankan.

Well, bisa kita tiru nih kerja keras dan dedikasi para ilmuwan NASA dulu. Meskipun masih dalam keadaan yang serba terbatas. Mereka berhasil membuat pencapaian sejarah yang mengagumkan buat umat manusia. Keren!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest