Follow Us

Pak Jokowi Usulkan Ada Jurusan Meme di SMK

Alvin Bahar - Jumat, 28 Juli 2017 | 07:58
Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan tentang Naruto
Alvin Bahar

Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan tentang Naruto

Zaman sekarang, pilihan pekerjaan udah makin banyak. Makanya, mungkin aja kalo nantinya makin banyak juga sekolah yang menawarkan pelajaran untuk profesi kekinian, kayak YouTuber contohnya.

Yap, Pak Jokowi pun sempat membahas mengenai perlunya jurusan-jurusan sekolah yang lebih spesifik dan nggak umum saat menghadiri peluncuran Pendidikan Program Vokasi di PT Astra Otoparts Tbk, di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

“Kalau sekarang masuk ke SMK itu, kenapa tidak mengikuti perkembangan zaman yang begitu sangat cepat ini. Misalnya mengenai ototronik, teknik pengelasan, konstruksi, baja, metatronika. Atau buat saja jurusan yang lain, jurusan animasi,” tutur Jokowi.

“Harus berani masuk ke situ. Jurusan logistik yang sangat dibutuhkan. Jurusan jendela, jurusan pintu, yang harusnya seperti itu. Bukan jurusan bangunan, terlalu umum sekali. Ini yang kita perlukan,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo (Kompas.com)
Bahkan Pak Jokowi juga mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, untuk membentuk jurusan meme.

“Atau buat saja jurusan yang lain, jurusan animasi. Spesialisasi buat meme misalnya,” seloroh Jokowi, ketika sedang membahas mengenai perlunya jurusan-jurusan yang lebih spesifik dan tidak umum.

Jokowi mengapresiasi penandatanganan kerja sama antara industri dengan SMK maupun pondok pesantren. Menurutnya, ini merupakan langkah awal untuk membentuk sumber daya manusia yang siap bersaing.

“Ingat, pada kalkulasi yang sudah kita hitung, pada tahun kurang lebih 2040-2045, kalau yang kita kerjakan konsisten, SDM kita garap betul, asal jangan ada turbulensi politik, nanti kita akan menjadi empat besar negara terkuat ekonomi,” papar Jokowi.

Artikel ini pertama kali tayang di Warta Kota dengan judul "Jokowi Usul Mendikbud Buat Jurusan Animasi Spesialisasi Buat Meme"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest