Follow Us

Salut! Iman Usman Diundang PBB Untuk Mendiskusikan Kemajuan Pendidikan. Ini Yang Dibicarakan.

Rizki Ramadan - Senin, 03 Juli 2017 | 03:41
Iman Usman saat berdiskusi di acara High-Level SDG Action Event on Education di kantor PBB
Rizki Ramadan

Iman Usman saat berdiskusi di acara High-Level SDG Action Event on Education di kantor PBB

Siapa sih yang anak muda yang nggak kenal Iman Usman. Panutan kawula muda masa kini di bidang pendidikan ini emang nggak ada henti-hentinya bikin kagum. Kali ini, Iman diundang untuk datang ke New York. Nggak tanggung-tanggung, yang ngundang adalah PBB, bro!

Co-founder Ruangguru ini jadi satu dari enam pemuda dari seluruh negara anggota PBB yang diajak oleh Kantor Presiden Majelis Umum PBB Peter Thomson untuk berdikusi soal pengembangan pendidikan di acara yang bertajuk High-Level SDG Action Event on Education. Pertemuan ini dilaksanakan di Kantor Pusat PBB di New York pada 28 Juni 2017 kemarin. Wah, abis lebaran langsung berangkat dong, tuh!

Tema yang didiskusikannya adalah tentang program untuk mendorong dan memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta medorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

Sudah sejak September 2015, PBB mencetuskan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang ditargetkan dapat tercapai pada tahun 2030. Terdapat 17 agenda yang tujuan utamanya adalah untuk mengakhiri kemiskinan. Salah satunya adalah dengan mencapai Pendidikan Berkualitas. PBB menegaskan kembali keyakinan bahwa pendidikan adalah salah satu alat paling kuat dan terbukti bagi berlangsungnya pembangunan berkelanjutan.

Iman Usman berbicara mengenai pentingnya akuntabilitas dalam implementasi kebijakan pendidikan di seluruh dunia dan bagaimana pemuda dapat berperan lebih dalam prosesnya khususnya melalui pemanfaatan teknologi.

Secara spesifik, Iman berbicara tentang pengalamannya mendirikan dan menjalankan Ruangguru sebagai sarana pendidikan alternatif berbasis teknologi dan bagaimana dengan data yang dihasilkan oleh platform Ruangguru.

Hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan yang berbasis data. Dengan data yang diperoleh, dan pemanfaatan machine learning, harapannya Ruangguru ke depannya juga dapat menyediakan layanan jauh lebih unik dan spesifik kepada setiap penggunanya - sejalan dengan rekomendasi berbagai negara anggota PBB untuk mendorong personalized learning.

“Agenda Pendidikan dari PBB ini hendak mencapai akses universal pada pendidikan tinggi berkualitas. Berfokus pada Indonesia yang masyarakat pendidikannya no. 4 terbesar di dunia, Ruangguru berambisi untuk memberikan anak-anak akses yang sama terhadap konten pendidikan berkualitas tinggi, tidak peduli domisili dan status ekonominya. Ruangguru percaya bahwa teknologi adalah kunci untuk melampaui pendidikan nasional selama ini tidak merata di seluruh pelosok Indonesia”, ujar iman Usman.

Maju terus pendidikan!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest