Follow Us

Ini Dia Makna Gambar Mahasiswa UGM yang Juara Editorial Cartoon Contest PBB

Alvin Bahar - Senin, 18 April 2016 | 03:00
Karya Michael Jose Mairing yang jadi juara kontes PBB
Alvin Bahar

Karya Michael Jose Mairing yang jadi juara kontes PBB

Seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Michael Jose Mairing, jadi juara Editorial Cartoon Contest Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) PBB akhir Maret lalu. Jose memilih untuk menceritakan tentang kondisi hutan di Indonesia yang dilematis, melalui karyanya yang berjudul Protect Our Future.

Mahasiswa Fakultas Kehutanan tersebut menuangkan ilustrasi berbagai pihak yang gencar melakukan upaya penyelamatan hutan melalui sejumlah aksi, satu di antaranya dengan penanaman pohon.

Sementara di sisi yang lain, Jose menampilkan praktik pembukaan lahan hutan untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit, yang berujung pada kerusakan dan kebakaran hutan.

“Pesan yang saya sampaikan lewat gambar ini adalah mari nggak hanya membangun hutan saja tetapi juga melindungi hutan dari berbagai upaya yang bisa merusak hutan,” tuturnya, di Kampus UGM, Rabu (13/4).

Penghargaan best editorial cartoon diserahkan dalam acara Asia Pasific Forestry Week (APFW) 2016 pada 22-29 Maret lalu di Filipina. Jose juga mengaku semakin termotivasi untuk terus menghasilkan karya-karya lain yang bisa berkontribusi dalam pembangunan, terutama di bidang kehutanan.

“Banyak pengalaman berharga yang saya peroleh dari forum ini terkait persoalan kehutanan dunia,” pungkasnya.

Kontes kartun editorial merupakan bagian dari kegiatan APFW dan diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan di kawasan Asia-Pasifik. Selamat ya buat Jose!

source: Tribunnews.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular