Follow Us

Keren, Mahasiswa Indonesia Ini Berpeluang Raih Penghargaan Tingkat Internasional. Kamu Bisa Bantu Vote Lho!

Alvin Bahar - Senin, 05 Juni 2017 | 06:20
Achmad Solikhin
Alvin Bahar

Achmad Solikhin

Satu lagi putra bangsa bakal bikin harum negeri.

Achmad Solikhin jadi satu-satunya mahasiswa asal Indonesia yang masuk nominator Schweighofer Prize 2017, sebuah penghargaan sektor kehutanan di Eropa bagi para inovator muda.

Ajang ini seenggaknya diikuti oleh 33 universitas di seluruh dunia. Namun, hanya perwakilan dari enam universitas yang masuk nominasi calon pemenang.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini terdaftar sebagai peserta Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch I itu mengangkat ide riset tentang kayu superhidrofobik, seperti lotus dan talas.

Riset ini dia lakukan ketika mengikuti program Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) di Shizuoka University Jepang pada November 2016 hingga Februari 2017.

Achmad Solikhin (Foto: Ristekdikti)
“Keunikan dari ide riset ini, belum ada kayu superhidrofobik dari Indonesia, terutama kayu cepat tumbuh yang bersifat inferior atau nggak awet dan kekuatan jelek. Kekuatan kayu ini akan ditingkatkan dengan impregnasi menggunakan material nano,” jelas Achmad.

Meski terdaftar sebagai perwakilan kampus Jepang, calon doktor muda itu tetap bangga dan bersyukur bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Pasalnya, Achmad mengaku sempat minder ketika melihat saingannya berasal dari kampus-kampus ternama dunia, seperti ETH Zurich, University of Pennsylvania, Columbia University, dan masih banyak lagi.

“Mereka pasti anak-anak pintar semua karena dari institusi peringkat terbaik dunia. Saya ingin berterima kasih juga kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang telah memberi kesempatan beasiswa untuk mengikuti program ini,” ucap pria berusia 25 tahun itu.

Pemenang Schweighofer Prize 2017 akan diumumkan pada 20 Juni mendatang. Oleh sebab itu, saat ini Achmad masih membutuhkan dukungan agar bisa menang dan membawa pulang hadiah sebesar 5.000 euro atau senilai Rp74,4 juta. Berikut ini langkah-langkah untuk memberikan vote:

Klik link ini: https://www.schweighofer-prize.org/student_award/ Pilih gambar Achmad Solikhin dan klik vote Isikan nama, e-mail, dan anti-spam kode Klik I’ve read and understood the terms and conditions and fully accept them Kemudian pilih send your vote now

“Voting dibuka sampai 19 Juni 2017. Mohon bantuannya, terima kasih,” tuturnya.

Yuk, bantu Achmad!

Source : ristekdikti.go.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest