Follow Us

Hai

/

Art

Foto-foto Yang Membuktikan Kamera Analog Berusia 104 Tahun Bisa Bikin Momen Balap Formula 1 Lebih Dramatis.

Rizki Ramadan - Sabtu, 03 Juni 2017 | 05:49
Foto Formula 1 dengan kamera analog
Rizki Ramadan

Foto Formula 1 dengan kamera analog

Selama ini kita sering melihat foto dokumentasi balap mobil di sirkuit Formula 1. Kebanyakan foto yang kita lihat dibuat dengan kamera tercanggih saat ini. Hasilnya memukau, sih, tapi masih kalau menakjubkan dibanding dokumentasi yang dibuat seorang fotografer bernama Joshua Paul ini.

Alih-alih menggunakan kamera digital tercanggih, Joshua memiilih pakai kamera tua berusia 104 tahun, yaitu kamera Graflex 4x5.

Beda dengan kamera digital yang bahkan bisa menangkap gambar 20 frames dalam satu detik, kamera buatan 1913 milik Joshua ini cuma bisa mengambil 20 foto secara keseluruhan. Itu pun memotretnya perlu kehati-hatian tingkat tinggi.

Tapi lihat hasilnya, dengan tonal hitam putih, Joshua menghasil foto balap mobil dengan sensasi yang belum pernah kita temui sebelumnya. Kesan dramatisnya kuat banget.

Joshua kepikiran untuk memotret dengan kamera tua ini setelah melihat majalah tahun 1969. Ia melihat foto mobil Indy 500 yang buram dan bahkan nggak fokus. Dari situ ia kepikiran untuk bikin foto dengan nuansa serupa untuk balap mobil yang modern sekarang ini.

Joshua memotret dengan kamera tuanya itu sejak 2013, saking passionate-nya ia sampai bikin majalah khusus untuk pencinta Grand Prix, nama majalahnya Lollipop.

Gimana menurutmu? Jadi kepikiran untuk nyoba kamera analog juga nggak? Keren, loh,bisa dapet foto dengan warna dramatis tanpa filter.

Joshua Paul (Kiri) memotret dengan kamera tuanya di salah satu ajang balap F1

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest