Follow Us

Flakka, Narkoba Jenis Baru yang Bikin Penggunanya Jadi ‘Zombie’!

- Selasa, 30 Mei 2017 | 10:42
Flakka
Hai Online

Flakka

Beberapa hari belakangan ini, di Facebook, beredar video yang lagi ramai jadi bahan omongan. Dalam video itu, dikatakan bahwa ada satu jenis narkoba baru bernama Flakka, yang bikin penggunanya jadi ‘zombie’!

Jadi gini, dilansir dari Kompas, obat ini disebut sebagai gravel atau kerikil karena bentuknya menyerupai potongan Kristal putih seukuran kerikil di dalam akuarium.

Seperti narkoba pada umumnya, Flakka juga punya dampak negatif. Namun, dampak yang dihasilkan Flakka punya efek mengerikan kayak film zombie.

Ada beberapa kasus tentang Flakka. Beberapa di antaranya adalah seorang pria yang merusak pintu kantor polisi di Florida Selatan, Amerika Serikat, yang mengaku dalam pengaruh Flakka.

Lalu, ada lagi cerita seorang gadis yang berlari di jalan umum sambil berteriak kalau dia adalah setan. Nah, efek inilah yang kemudian dilihat oleh orang-orang mirip perilaku zombie.

Flakka sendiri berasal dari kata Spanyol yang berarti seorang wanita cantik (la flaca). Obat ini mengandng senyawa kimia yang disebut MDPV, bahan utama pembuat bath salts atau garam mandi. Senyawa kimia ini menstimulasi bagian otak yang mengatur mood, hormon dopamin, dan serotonin.

“Efek ini akan membanjiri otak,” ujar Jim Hall, ahli epidemiologi penyalahgunaan narkoba di Universitas Nova Southeastern, Fort Lauderdale, Florida, seperti yang dilansir dari Kompas.

Efek dari obat ini hanya berlangsung beberapa jam, tapi juga bisa terjadi secara permanen pada otak. Nggak cuma tinggal di otak, menurut Hall, parahnya, Flakka bahkan bisa menghancurkan otak!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest