Follow Us

Dari 5 Media Sosial, YouTube terbukti paling berdampak Positif. Sementara Yang Paling Negatif Adalah….

Rizki Ramadan - Selasa, 30 Mei 2017 | 09:44
5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis di Smartphone
Rizki Ramadan

5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis di Smartphone

Sejauh ini, ada lima media sosial yang paling deket sama keseharian kita. Apa saja hayo? Pasti kamu sudah bisa nebak.

Ya, medsos itu adalah Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan YouTube.

Kelima medsos ini kayaknya sama-sama sering kita akses. Iya nggak? Ngaku aja deh.

Nah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health (RSPH) untuk mengetahui media sosial mana yang paling baik dan mana yang paling berdampak buruk bagi remaja dan orang dewasa.

Penelitian dengan metode survei ini diikuti oleh 1.500 anak muda Inggris usia 14-24 tahun guna berbagi pendapat tentang kelima media sosial itu.

Mereka sepakat, bahwa media sosial bisa berdampak pada perasaan cemas atau bahkan depresi. Tapi di satu sisi, medsos bisa membawa hal positif, terutama untuk bersosialisasi.

YouTube paling positif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa YouTube adalah satu-satunya platform dengan dampak positif paling banyak. YouTube jadi pendukung emosional, media yang cocok untuk cara berekspresi anak muda, dan membangun komunitas.

Yang Paliing Negatif Adalah…

Ada yang bisa nebak? Yang pasti, sih, bukan Facebook atau Twitter. Karena dua medsos ini masih lebih baik daripada Instagram dan Snapchat yang sama-sama dianggap paling berdampak negative.

Salah satu yang menyebabkan media sosial jadi berdampak negatif adalah banyaknya post yang nggak menggambarkan realitas secara baik dan akurat.

Menurut peneliti, yang paling menentukan apakah sebuah media sosial itu baik atau nggak adalah fokus dan konten platform.

Snapchat dan Instagram disebut kerap memunculkan gambar yang "mungkin membuat perasaan tidak mampu dan cemas pada anak muda."

Jadi, bijak-bijaklah dalam menggunakan media sosial.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest